5 fakta perilaku konsumen jelang momen belanja 2021

Oleh: Erlanmart - Selasa, 31 Agst 2021 14:35 WIB

Berikut adalah beberapa hasil survei yang dilakukan Twitter terkait perilaku konsumen belanja online yang dapat menjadi masukan bagi brand.

Jelang kemeriahan momen belanja tahun ini, percakapan seputar belanja di Twitter meningkat signifikan sebanyak 175% hingga Juni 2021. Hal ini sejalan dengan survei Twitter yang menunjukkan adanya peningkatan perilaku belanja online, di mana 38% pembeli online di Twitter menjadikan hal ini sebagai kebiasaan selama masa pandemi. Kebiasaan baru ini membuat konsumen lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Konsumen banyak melakukan pencarian dan membicarakan tentang merek, rekomendasi produk, best deal, dan diskon di Twitter. Munculnya beberapa produk dan brand di Twitter juga berdampak terhadap perilaku konsumen.

Berikut adalah beberapa hasil survei yang dilakukan Twitter terkait perilaku konsumen belanja online yang dapat menjadi masukan bagi brand untuk mempersiapkan momen belanja nasional dan memenagkan hati para konsumen di Indonesia.

1. Momen belanja

Konsumen semakin terbiasa untuk berbelanja online dan mereka sangat menunggu momen Hari Belanja Online Nasional tahun ini. Jumlah pengguna internet di Indonesia menembus angka 202 juta dan hal ini mempengaruhi penggunaan platform digital untuk berbelanja. Berdasarkan survei Twitter, berikut adalah produk yang ingin dibeli secara online oleh konsumen: