5 cara kembangkan bisnis di Tokopedia

Oleh: Erlanmart - Selasa, 27 Sep 2022 09:55 WIB

Para pegiat bisnis UMKM bisa mendapatkan berbagai materi edukasi yang bisa diakses sepenuhnya secara gratis melalui halaman Tokopedia.

Tokopedia terus membantu sekitar 12 juta penjual, dimana hampir 100% dari penjual tersebut adalah UMKM lokal, memulai dan mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi. “Kemampuan analisis pasar menjadi sangat penting bagi UMKM agar bisa terus beradaptasi dengan perkembangan era,” ujar Head of Product Tokopedia, Helena.

Platform berbelanja online tersebut juga membagikan 5 tips agar UMKM bisa mengasah kemampuan analisis pasar guna mengoptimalisasi potensi bisnis.

1. Pantau produk yang sedang trending di pasar

Pegiat UMKM bisa memakai fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori. Dengan demikian, penjual dapat menentukan jenis produk yang sedang populer untuk setiap kategorinya.

2. Pelajari rekomendasi harga produk di pasar

Lakukan analisis perbandingan harga produk yang beredar di pasar sehingga harga yang ditawarkan berada dalam batas normal dan dapat bersaing. Manfaatkan fitur Rekomendasi Harga di aplikasi Tokopedia Seller agar bisa memasarkan produk dengan harga kompetitif dan menarik lebih banyak pembeli.

3. Pantau performa produk

Pegiat usaha dapat menggunakan fitur Analisis Wawasan Produk untuk membantu memantau produk mana yang butuh lebih banyak diiklankan, dilengkapi informasinya dan optimalisasi lain, sehingga sebuah produk dapat bersaing secara organik pada halaman pencarian di Tokopedia dan performa bisnis menjadi lebih maksimal.