3 strategi baru NASA untuk operasi berkelanjutan menjelajah antariksa

Oleh: Lysti Rahma - Selasa, 16 Apr 2024 19:45 WIB

Pemerintahan Biden telah mengusulkan $27,2 miliar untuk tahun fiskal NASA tahun 2024, dengan peningkatan sebesar 7,1% dibandingkan tahun 2023.

NASA telah memperkenalkan bagian pertama dari Strategi Keberlanjutan Antariksa, menegaskan komitmennya dalam menjaga keberlanjutan eksplorasi luar angkasa. Langkah ini menunjukkan peran NASA sebagai pemimpin global dalam memelihara lingkungan luar angkasa untuk generasi mendatang.

Berikut 3 strategi baru NASA dalam Strategi Keberlanjutan Antariksa, seperti dikutip dari laman resmi NASA (16/4).

1. Kepemimpinan global dalam keberlanjutan antariksa

NASA memimpin dalam mengidentifikasi tantangan dan solusi untuk menjaga keberlanjutan lingkungan luar angkasa. Dengan pendekatan keseluruhan agensi, NASA bertujuan untuk mengoordinasikan upaya-upaya keberlanjutan antariksa di seluruh organisasi. 

Namun, tantangan keuangan seperti pemangkasan anggaran oleh Kongres dapat menghambat implementasi strategi ini, meskipun pemerintahan Biden telah mengusulkan $27,2 miliar untuk tahun fiskal NASA tahun 2024, dengan peningkatan sebesar 7,1% dibandingkan tahun 2023. Anggaran tersebut akan meningkatkan pendanaan di seluruh dewan, terutama mendukung program eksplorasi bulan Artemis, Pengembalian Sampel Mars, Ilmu Bumi, dan pengembangan teknologi.