3 hal yang akan bikin audio nirkabel jadi lebih baik di 2023

Oleh: Erlanmart - Selasa, 27 Des 2022 14:37 WIB

Sebentar lagi kita akan mengalami pergantian tahun, dan tentu saja bakal ada inovasi dalam audio nirkabel, inilah di antara faktor tersebut.

Audio nirkabel telah berkembang selama beberapa tahun terakhir. Dari awal-awal munculnya Bluetooth stereo hingga kini hadir dengan ANC, Bluetooth multipoint, dan pengisian daya nirkabel, menjadikan perangkat tersebut hadir lebih baik.

Sebentar lagi kita akan mengalami pergantian tahun, dan tentu saja bakal ada inovasi dalam audio nirkabel. Berikut adalah tiga tren yang akan meningkatkan audio nirkabel di tahun 2023 yang dilansir dari Digital Trends:

Bluetooth LE Audio

Pada tahun 2020, Bluetooth SIG mengumumkan LE Audio. Ini adalah cara baru untuk melakukan audio nirkabel melalui hubungan Bluetooth menggunakan radio Bluetooth Low Energy (LE), ketimbang gelombang radio klasik Bluetooth yang boros daya.

Dua tahun kemudian, kita akhirnya mulai melihat perangkat pertama yang kompatibel dengan Audio LE. Saat dipasangkan dengan ponsel yang juga mendukung LE Audio, headphone, earphone, dan speaker itu akan menggunakan codec Bluetooth default baru yang disebut LC3. Bluetooth SIG mengatakan bahwa LC3 akan menawarkan kualitas audio yang sama dengan standar saat ini (SBC), bahkan ketika menggunakan daya hanya setengahnya.