3 fakta mengenai pembuatan obat kanker di luar angkasa

Oleh: Lysti Rahma - Jumat, 29 Mar 2024 09:09 WIB

Melalui pemanfaatan kondisi mikrogravitasi, sebuah startup bernama BioOrbit memperkenalkan gagasan yang dapat mengubah paradigma pengobatan kanker di masa depan.

Teknologi luar angkasa semakin berkembang pesat, membawa inovasi yang revolusioner dalam berbagai bidang seperti pengembangan obat-obatan, eksplorasi planet, dan komunikasi antariksa. Salah satu inovasi terbaru dalam industri kesehatan adalah pengembangan obat kanker di luar angkasa. 

Dilansir dari WIRED (29/3), melalui pemanfaatan kondisi mikrogravitasi, sebuah startup bernama BioOrbit memperkenalkan gagasan yang dapat mengubah paradigma pengobatan kanker di masa depan. Berikut adalah 3 fakta mengenai pembuatan obat kanker di luar angkasa. 

1. Mengatasi kendala kristalisasi di Bumi

Di Bumi, pembuatan obat dengan mengkristalkan protein seringkali menghasilkan kristal yang penuh dengan ketidaksempurnaan dan ukuran yang tidak konsisten. Namun, di luar angkasa, tanpa pengaruh gravitasi planet, protein yang dikristalkan keluar dengan sempurna. Hal ini membuka pintu untuk pembuatan obat kanker dengan konsentrasi yang lebih tinggi dan volume yang lebih kecil.

2. Inisiatif BioOrbit