Tips rakit gaming PC Rp10 juta-an pakai prosesor intel

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 01 Jan 2020 13:35 WIB

Menggunakan prosesor Intel Core i3-9100F, kalian bisa mendapatkan performa gaming yang mumpuni tanpa harus mengeluarkan budget yang terlalu besar.

Membuat sebuah komputer gaming plus memiliki kemampuan produktivitas yang tinggi memang bukan hal yang mudah. Apa lagi, kita memiliki budget terbatas untuk merakit komputer yang kita inginkan.

Kebanyakan orang mungkin akan beralih ke platform AMD jika mendapatkan kedua hal tersebut. Namun, tahukah kalian kalau ternyata, kalian juga bisa membuat sebuah komputer gaming plus produktivitas menggunakan prosesor Intel dengan harga yang bersaing.

Kalian bisa menggunakan Intel Core i3-9100F untuk melakukan hal tersebut. Saat ini, kalian dapat membeli prosesor tersebut di angka Rp1,1 juta saja, yang memiliki harga sama dengan AMD Ryzen generasi pertama.

Meskipun memiliki kelemahan absennya hyperthreading, namun kecepatan clock dari prosesor ini bisa dibilang cukup tinggi. Intel Core i3-9100F memiliki clock dasar 3600 MHz dan kecepatan boost hingga 4200 MHz, yang cukup unggul jika dibandingkan dengan pesaingnya.

Untuk prosesor sekelas ini, saya rekomendasikan kalian untuk menggunakan motherboard dengan chipset B365M. Untuk menekan budget, saya merekomendasikan MSI B365M PRO-VD, yang memiliki harga Rp1,2 juta.