SoundMagic E11D, detil suara di earphone ini terdengar baik

Oleh: Erlanmart - Senin, 06 Mei 2019 22:00 WIB

Earphone ini memiliki port USB Type-C sehingga hadir untuk melengkapi smartphone yang tidak dilengkapi dengan port jack 3,5 mm.

SoundMagic merupakan salah satu produsen yang memproduksi perlengkapan audio seperti earphone dan headphone. Ini bukan kali pertama saya mengulas seputar unit produk perlengkapan audio dari perusahaan tersebut. Tetapi earphone atau headphone yang saya ulas sebelumnya memiliki basis koneksi kabel dengan jack audio 3,5 mm atau koneksi nirkabel Bluetooth.

Kali ini saya akan mengulas model earphone SoundMagic E11D yang dilengkapi dengan konektor USB Type-C. Sudah dapat dipastikan bahwa earphone ini hadir untuk melengkapi smartphone yang tidak dilengkapi dengan port jack audio 3,5 mm. Untuk mencari tahu bagaimana performanya ketika dipakai sehari-hari, simak artikel ini hingga tuntas.

Desain

Kecuali untuk port USB Type-C, sekilas desain E11D tidak jauh berbeda dibandingkan dengan earphone dengan jack audio 3,5 mm kebanyakan. SoundMagic mendesain earphone yang berbobot 15 gram tersebut dengan sepasang unit driver berukuran kecil. Lantaran E11D menganut rancang bangun in-ear, maka ketika dikenakan, unit driver hampir rata dengan daun telinga.

Karet yang ada di ujung driver memiliki ukuran yang cukup tipis, berbeda dengan bahan karet milik earphone dari Panasonic maupun Sony. Karena karetnya yang tidak tebal, maka unit driver terasa kurang kokoh di telinga. Agar dapat mengatasi momok tersebut, saya mengganti ujung karet driver yang sesuai dengan ukuran lubang telinga.Tetapi cara ini tidak seluruhnya dapat mengatasi masalah, saya masih merasakan driver bergoyang di telinga saat kabel tersenggol.