Review Xiaomi TV Q1E 55: warna cerah berkat teknologi QLED

Oleh: Erlanmart - Rabu, 20 Jul 2022 16:13 WIB

Xiaomi TV Q1E 55 adalah televisi pintar (smart TV) yang hadir dengan berbagai fitur. Panel layarnya memiliki teknologi QLED. Ada pula dukungan Dolby Vision dan HDR10+.

Kita semua sudah mengetahui bahwa Xiaomi memiliki banyak produk yang dihadirkannya. Selain ponsel, perusahaan ini juga menawarkan produk elektronik lainnya, salah satunya adalah televisi pintar (smart TV). Perangkat smart TV yang belum lama ini dihadirkan datang dari seri Q dengan model Q1E. Unit yang akan saya ulas di sini memiliki ukuran layar 55 inci.

Teknologi layar ini memiliki basis Quantum Dot (QLED) dengan resolusi 4K. Ada pula fitur seperti HDR10+ dan Dolby Vision sebagai format HDR yang didukungnya. hal yang tidak kalah menarik adalah bahwa smart TV dari Xiaomi ini sudah dapat menangkap siaran digital.

Desain

Xiaomi TV Q1E 55 inci memiliki desain dengan bezel tipis pada ketiga pinggirannya; yaitu sisi kiri, atas dan kanan. Bezel bawah dibuat agak tebal dibandingkan bezel lainnya. Meski demikian, ini masih terlihat ramping dan tidak terlalu mengganggu saat melihat layarnya.

Pada sisi bawah TV, terdapat satu tombol yang hanya berfungsi sebagai tombol daya. Di dekat tombol daya, terdapat lampu LED berwarna putih yang menyala saat TV dalam keadaan standby. Keempat bezel pada Xiaomi TV Q1E 55 inci memiliki material berwarna silver yang menjadikannya dapat meningkatkan estetika ruangan tempat ia diletakkan.