sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Rabu, 20 Jul 2022 16:13 WIB

Review Xiaomi TV Q1E 55: warna cerah berkat teknologi QLED

Xiaomi TV Q1E 55 adalah televisi pintar (smart TV) yang hadir dengan berbagai fitur. Panel layarnya memiliki teknologi QLED. Ada pula dukungan Dolby Vision dan HDR10+.

Review Xiaomi TV Q1E 55: warna cerah berkat teknologi QLED

Kita semua sudah mengetahui bahwa Xiaomi memiliki banyak produk yang dihadirkannya. Selain ponsel, perusahaan ini juga menawarkan produk elektronik lainnya, salah satunya adalah televisi pintar (smart TV). Perangkat smart TV yang belum lama ini dihadirkan datang dari seri Q dengan model Q1E. Unit yang akan saya ulas di sini memiliki ukuran layar 55 inci.

Teknologi layar ini memiliki basis Quantum Dot (QLED) dengan resolusi 4K. Ada pula fitur seperti HDR10+ dan Dolby Vision sebagai format HDR yang didukungnya. hal yang tidak kalah menarik adalah bahwa smart TV dari Xiaomi ini sudah dapat menangkap siaran digital.

Desain

Xiaomi TV Q1E 55 inci memiliki desain dengan bezel tipis pada ketiga pinggirannya; yaitu sisi kiri, atas dan kanan. Bezel bawah dibuat agak tebal dibandingkan bezel lainnya. Meski demikian, ini masih terlihat ramping dan tidak terlalu mengganggu saat melihat layarnya.

Pada sisi bawah TV, terdapat satu tombol yang hanya berfungsi sebagai tombol daya. Di dekat tombol daya, terdapat lampu LED berwarna putih yang menyala saat TV dalam keadaan standby. Keempat bezel pada Xiaomi TV Q1E 55 inci memiliki material berwarna silver yang menjadikannya dapat meningkatkan estetika ruangan tempat ia diletakkan.

Terdapat sepasang kaki penyangga yang ditempatkan pada kiri dan kanan TV. Bentuk dari penyangga kaki ini sama seperti kebanyakan perangkat smart TV Xiaomi lainnya. Pijakan kaki ini sangat kokoh dan mampu menopang bobot TV sekitar 17 kg. Sebab, kaki penyangga ini terbuat dari bahan logam yang sangat kuat. Cara memasang pijakan kaki ini juga cukup mudah.

Pada bagian belakang smart TV ini, sekitar 60% bahannya menggunakan bahan logam. Dengan ini menambah kesan kokoh pada TV. Ada juga pada bagian yang menggunakan bahan plastik, yaitu bagian yang tebal pada area tengah dan bawah. Bahan plastik ini dibuat sedemikian rupa sehingga mirip dengan serat karbon.

Ada aneka antarmuka port pada bagian belakang Xiaomi TV Q1E 55. Pada bagian yang menghadap ke samping, terdapat 2 port USB, 1 port earphone 3,5mm, dan 3 port HDMI 2.1 (salah satunya mendukung eARC). Pada area yang menghadap ke bawah, terdapat port Ethernet, Optical, AV Input, dan antena.

Tentu saja selain menggunakan port Ethernet, TV ini masih dapat terhubung ke internet secara nirkabel berkat dukungan Wi-Fi dual-band (2.4 GHz dan 5 GHz). Konektivitas nirkabel lainnya adalah Bluetooth dengan versi 5.0. Konektivitas Bluetooth berguna untuk menghubungkan remote kontrol dan perangkat mendukung lainnya seperti speaker eksternal.

Pengoperasian

Sistem operasi yang digunakan pada Xiaomi TV Q1E 55 adalah versi Android TV10. Tidak ketinggalan pula smart TV ini dilengkapi dengan platform PatchWall 3.0 yang sudah disesuaikan dengan konten beresolusi 4K. PatchWall sendiri merupakan antarmuka khas smart TV Xiaomi untuk fokus ke konten, bukan aplikasi.

Android TV 10

Ada beberapa mitra konten PatchWall, di antaranya adalah Amazon Prime Video, Netflix, Vidio, CatchPlay, HBO dan masih banyak lagi. Agar lebih mudah mencari konten film favorit, PatchWall dilengkapi dengan tab kategori di bagian atas. Beberapa dari kategori tersebut adalah Movies, TV Shows, Kids, Music, dan Sports.

Kamu juga dapat menikmati tontonan yang dihadirkan stasiun televisi lokal dengan memilih tab kategori Live TV di dalam platform PatchWall. Tentu saja sajian tontonan ini mengandalkan layanan internet alias streaming, dan tanpa mengandalkan antena.

Antarmuka PatchWall 3.0

Dari sisi perangkat keras, smart TV ini diperkuat dengan prosesor quad-core Cortex-A55. Prosesor ini dikombinasikan dengan RAM berkapasitas 2 GB dan penyimpanan internal 32 GB. Penyimpanan ini termasuk lega untuk smart TV sehingga dapat mengunduh banyak aplikasi dan gim dari Google Play Store.

Remote control yang hadir bersama TV ini berbentuk minimalis seperti kebanyakan smart TV dan Mi TV Stick dari Xiaomi lainnya. Tombol yang ada pada remote control ini hanya 14 buah. Beberapa dari tombol tersebut adalah akses volume, jalan pintas langsung ke platform Netflix atau Amazon Prime Video, dan tombol Google Assistant untuk mengakses smart TV via suara.

Dengan akses perintah suara, berarti remote control ini terintegrasi dengan mikrofon. Performa mikrofon ini cukup responsif ketika mendengarkan perintah suara sehingga hasil yang diberikannya akurat. Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, remote control ini terhubung ke TV via konektivitas Bluetooth. Jadi kamu tidak perlu mengarahkan remote control ini ke arah TV saat mengendalikannya.

Terdapat dua tombol Home pada remote control. Pertama adalah tombol Home yang mengarahkan kepada antarmuka Android TV standar (ditandai dengan bentuk lingkaran), dan tombol Home PatchWall (ditandai dengan tombol berlogo ‘Mi’). Jika menekan lama tombol Home antarmuka Android TV, maka akan menampilkan aplikasi yang sudah diunduh dalam TV ini.

Meskipun tombolnya tidak banyak, cukup mudah untuk melakukan navigasi langsung untuk mengakses fungsi yang ada pada TV ini. Ketika sedang menonton konten film sumber dari apapun (antena, HDMI, streaming) cukup tekan dan tahan tombol PatchWall. Aksi ini akan langsung memungkinkan untuk mengakses pengaturan Picture, Sound, Input, TV Lock, dan lainnya.

Ketika memilih pengaturan Picture, maka akan menampilkan serangkaian setingan gambar. Jika kamu sedang memutar konten dengan dukungan HDR, maka Picture Mode yang dapat dipilih adalah HDR Standard, HDR Vivid, dan HDR Movie. Di sisi lain, ketika kamu sedang memutar konten dengan dukungan Dolby Vision, maka Picture mode yang tersedia adalah Dolby Vision Bright dan Dolby Vision Dark.

Di sisi lain, jika kamu sedang memutar konten yang tidak mendukung HDR, maka Picture Mode yang dapat digunakan adalah Standard, Vivid, Sport, dan Movie. Masing-masing preset gambar tersebut memiliki pengaturan intensitas warna seperti Backlight, Brightness, Contrast, Saturation, Hue, Sharpness, Color Temperature, dan lainnya.

Dari sisi audio, Xiaomi TV Q1E 55 memiliki dukungan untuk Dolby Audio dan DTS. Speaker pada unit TV ini terdapat pada bagian bawah (menghadap ke bawah). Jumlah keseluruhan dari speaker yang digunakannya adalah 6 buah dengan tata suara stereo. Keenam speaker ini terdiri dari 4 driver full-range dan 2 tweeter.

Terdapat preset suara untuk menyesuaikan kualitas audio dari masing-masing konten yang ditonton. Preset ini terdiri dari Standard, Movie, News, Game, dan Custom. Khusus pilihan Custom, ini menawarkan equalizer yang terdiri dari 7 frekuensi, dari 100 Hz hingga 12 kHz.

    Share
    ×
    tekid
    back to top