Review Realme Smart TV 43: Tiga jutaan aja tapi bikin puas

Oleh: Erlanmart - Jumat, 04 Sep 2020 19:15 WIB

Karena termasuk ke dalam jenis Smart TV, maka tentu saja tv ini memiliki sistem operasi untuk mengakses konten dan aplikasi di dalamnya. Realme Smart TV berjalan di atas sistem operasi Android 9.0 Pie.

Sudah ada beberapa pabrikan ponsel yang masuk ke kancah televisi pintar atau Smart TV. Salah satu pabrikan ponsel yang mulai masuk ke dalam bisnis TV adalah Realme. Beberapa waktu lalu, perusahaan asal Tiongkok tersebut mendaratkan Smart TV pertama mereka ke pasar Indonesia, yaitu Realme Smart TV 32 dan Realme Smart TV 43 inci.

Sesuai nama yang dipegangnya, masing-masing TV tersebut memiliki ukuran layar 32 inci dan 43 inci. Bukan hanya ukuran, perbedaan antara kedua TV tersebut ada di resolusinya. Realme Smart TV 32 inci mengusung resolusi HD atau 1.366 x 768 piksel dan Realme Smart TV memiliki resolusi Full HD atau 1.920 x 1080 piksel.

Karena termasuk ke dalam jenis Smart TV, maka tentu saja keduanya dibekali sistem operasi untuk mengakses konten dan aplikasi di dalamnya. Realme Smart TV berjalan di atas sistem operasi Android 9.0 Pie dan dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi untuk menjelajah internet dan sebagainya. Kebetulan Realme Smart TV yang saya ulas di sini memiliki ukuran 43 inci. Berikut adalah hasil ulasan yang saya lakukan.

Desain

Bobot Realme Smart TV 43 hanya sekitar 6 kg, dengan demikian saya dengan mudah mengangkat TV ini dari kemasannya tanpa bantuan orang lain. Saya juga tidak mengalami kesulitan saat memasang kaki penyangganya. Kaki penyangga Realme TV mirip dengan kaki penyangga Mi TV 4 yang beberapa waktu lalu saya ulas. Maing-masing kaki penyangga sangat mudah dipasang, hanya menggunakan sepasang baut untuk bagian kiri dan kanannya.