sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
Jumat, 04 Sep 2020 19:15 WIB

Review Realme Smart TV 43: Tiga jutaan aja tapi bikin puas

Karena termasuk ke dalam jenis Smart TV, maka tentu saja tv ini memiliki sistem operasi untuk mengakses konten dan aplikasi di dalamnya. Realme Smart TV berjalan di atas sistem operasi Android 9.0 Pie.

Review Realme Smart TV 43: Tiga jutaan aja tapi bikin puas

Sudah ada beberapa pabrikan ponsel yang masuk ke kancah televisi pintar atau Smart TV. Salah satu pabrikan ponsel yang mulai masuk ke dalam bisnis TV adalah Realme. Beberapa waktu lalu, perusahaan asal Tiongkok tersebut mendaratkan Smart TV pertama mereka ke pasar Indonesia, yaitu Realme Smart TV 32 dan Realme Smart TV 43 inci.

Sesuai nama yang dipegangnya, masing-masing TV tersebut memiliki ukuran layar 32 inci dan 43 inci. Bukan hanya ukuran, perbedaan antara kedua TV tersebut ada di resolusinya. Realme Smart TV 32 inci mengusung resolusi HD atau 1.366 x 768 piksel dan Realme Smart TV memiliki resolusi Full HD atau 1.920 x 1080 piksel.

Karena termasuk ke dalam jenis Smart TV, maka tentu saja keduanya dibekali sistem operasi untuk mengakses konten dan aplikasi di dalamnya. Realme Smart TV berjalan di atas sistem operasi Android 9.0 Pie dan dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi untuk menjelajah internet dan sebagainya. Kebetulan Realme Smart TV yang saya ulas di sini memiliki ukuran 43 inci. Berikut adalah hasil ulasan yang saya lakukan.

Desain

Bobot Realme Smart TV 43 hanya sekitar 6 kg, dengan demikian saya dengan mudah mengangkat TV ini dari kemasannya tanpa bantuan orang lain. Saya juga tidak mengalami kesulitan saat memasang kaki penyangganya. Kaki penyangga Realme TV mirip dengan kaki penyangga Mi TV 4 yang beberapa waktu lalu saya ulas. Maing-masing kaki penyangga sangat mudah dipasang, hanya menggunakan sepasang baut untuk bagian kiri dan kanannya.

Dari keempat bezel yang mengelilingi layar Realme Smart TV, ada tiga yang berukuran tipis. Ketiga bezel ini terletak di bagian kiri, kanan, dan atas. Bisa dibilang bezel yang tipis ini dapat menambahkan nilai estetika TV. Sebagai pembanding, bezel yang ada di Realme TV lebih tipis jika dibandingkan dengan bezel Mi TV 4.

Tetapi bezel bagian bawah tidak dirancang setipis bezel lainnya, mungkin ini dikarenakan agar logo Realme dapat terpampang lebih jelas. Meski bezel bawah berukuran lebih besar, tetapi Realme tidak mendesainnya dengan rancangan yang biasa-biasa saja. Pasalnya, bezel bawah memiliki desain dengan finishing aluminum-brushed.

Realme Smart TV hadir untuk kelas entry. Jadi sangat wajar jika bodi belakangnya cukup tebal, apalagi pada bagian tengah dan bawahnya. Ketebalan di bagian belakang tengah TV adalah kompartemen untuk segala macam port. Sedangkan bagian yang tebal di bawah adalah tempat untuk speakernya.

Terdapat dua area untuk penempatan antarmuka port. Pertama adalah area yang menghadap ke samping, di sini ada port HDMI 1, port antena, port Digital Audio Out, port AV, dan port USB. Area port kedua terletak menghadap ke bawah, di sini terdapat port USB, port HDMI 2, port HDMI 3, dan port LAN.

Selama mengakses port-port tersebut, saya merasa akan lebih mudah mengubungkan port yang ada di area menghadap ke samping. Ini dikarenakan antarmuka port lebih mudah telihat ketimbang yang ada di bawahnya. Meski demikian, kemungkinan besar port-port yang menghadap ke bawah akan lebih mudah diakses jika TV ini diletakkan di dinding menggunakan bracket yang dijual terpisah.Area port samping

Area port bawah

Fitur dan pengoperasian

Selain tombol daya, tidak ada tombol lagi di Realme Smart TV 43. Oleh karenanya, akses pengoperasian dapat dilakukan via remote control. Remote control yang ada pada TV ini cukup sederhana karena tidak dilengkapi dengan tombol-tombol numerik seperti kebanyakan Smart TV asal Jepang maupun Korea Selatan.

Hanya ada 17 tombol di remote control Realme Smart TV. Dari tombol-tombol di remote tersebut, ada beberapa tombol pintasan untuk membuka aplikasi tertentu seperti Amazon Prime Video, Netflix, dan YouTube. Ada pula tombol navigasi 4 arah untuk mengakses konten apapun di layar TV. Hal yang tidak kalah penting adalah remote kontrol ini dilengkapi pula dengan tombol khusus Google Assistant agar kamu dapat mengontrol Realme Smart TV hanya lewat suara.

Ada dua tipe konektivitas di remote control Realme Smart TV, yaitu infrared dan Bluetooth. Saat pertama kali TV ini dikeluarkan dari kemasannya dan diaktifkan, maka konektivitas remote control yang digunakannya adalah infrared. Jika kamu ingin mengguunakan konektivitas Bluetooth, maka kamu harus melakukan pairing terlebih dahulu. Setelah proses pairing sukses, maka remote control akan seterusnya menggunakan konektivitas Bluetooth.

Keunggulan jika kamu menggunakan konektivitas Bluetooth adalah kamu tidak perlu mengarahkan remote control ke TV. Hal yang perlu kamu ketahui adalah bahwa akses Google Assistant di remote control hanya dapat dilakukan ketika remote control dan TV terhubung via Bluetooth.

Mikrofon yang ada di remote control dapat menangkap suara saya dengan akurat. Ini dikarenakan oleh hampir seluruh perintah saya ucapkan dapat dieksekusi dengan benar. Beberapa contoh di antaranya adalah ketika saya bertanya mengenai cuaca, menyuruhnya membuka aplikasi tertentu, membuka video di YouTube, dan sebagainya.

Sebelumnya sudah saya katakan bahwa di TV ini terdapat port LAN, ini berguna untuk menghubungkan internet menggunakan kabel. Namun, tampaknya port LAN di seluruh Smart TV saat ini hampir tidak berguna. Pasalnya, Smart TV yang ada seperti sekarang sudah dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi agar dapat terhubung ke internet.

Antarmuka pengguna pada Realme Smart TV sama seperti kebanyakan Smart TV berbasis Android lainnya. Tampilannya mudah diakses dan dipersomalisasikan. Ada banyak aplikasi media streamig populer seperti YouTube dan Netflix. Tentu saja kamu dapat mengunduh aplikasi yang diinginkan, termasuk gim di PlayStore.

Berbeda dengan Mi TV 4, yang memiliki platform Patchwall sendiri (selain platform Android) untuk menikmati sejumlah konten film secara online, Realme TV tidak memiliki platform semacam itu. Dengan demikian, seluruh konten harus dinikmati di platform Android. Meski begitu, ini bukanlah masalah yang besar karena kamu dapat mengunduh aplikasi konten yang ada di Patchwall, contohnya adalah aplikasi Vidio dan Catchplay.

    Share
    ×
    tekid
    back to top