Review realme Buds Q, TWS entry-level yang menghibur

Oleh: Erlanmart - Selasa, 07 Jul 2020 17:58 WIB

Tidak ada tombol fisik pada sepasang earphone Buds Q. Sebagai gantinya Realme menawarkan fungsi sentuh pada bagian belakang unit driver.

Tidak ada tanda-tanda memudarnya tren earphone true wireless earphone (TWS). Sebagai informasi, earphone jenis ini merupakan earphone nirkabel secara keseluruhan, sebagian besar mengandalkan konektivitas Bluetooth ke salah satu unit driver (kiri atau kanan) dan kemudian mengalirkan sinyal audio ke unit driver pasangannya.

Sudah banyak pabrikan yang menghadirkan earphone TWS untuk memenuhi kebutuhan pasar. Bukan hanya dari pabrikan audio terkenal seperti Panasonic dan Sony, earphone TWS juga sudah banyak diproduksi oleh pabrikan ponsel seperti realme. Baru-baru ini pabrikan asal Tiongkok itu menghadirkan realme Buds Q yang menyasar segmen entry level. Berikut ulasannya.

Desain rapih

Realme bekerja sama dengan desainer Hermes, Jose Levy, untuk merancang Buds Q. Perancang tersebut dikatakan terinspirasi dari bentuk batu alam yang sangat rapi dan sederhana. Buds Q dirancang dengan desain melengkung tanpa sudut, sehingga meski masuk ke dalam entry-level, desain keseluruhan Buds Q terlihat cukup premium.

Karena Buds Q masuk ke dalam earphone TWS, maka tidak heran jika ia hadir bersama casing yang juga berfungsi sebagai charger earphone-nya (atau disebut Realme sebagai Charging Box). Casing ini terbuat dari plastik yang cukup tebal sehingga terasa cukup kokoh ketika saya pegang. Tetapi penempatan sepasang earphone di dalamnya masih kurang pas karena masih ada bunyi ketika digerak-gerakkan. Yah, tapi tidak terlalu menganggu kok.