Review Legion 5 15ARH05, laptop gaming murah dan asyik

Oleh: Insaf Albert Tarigan - Rabu, 22 Jul 2020 14:45 WIB

Lenovo Legion 5 15ARH05hadir dengan harga terjangkau, tapi fitur-fiturnya sederhana. Apa yang menarik dari laptop gaming kelas pemula ini?

Legion 5 15ARH05 sudah tersedia di Indonesia

Memilih laptop gaming sebenarnya agak mirip dengan memilih smartphone. Inti jeroannya itu-itu saja: AMD atau Intel di bagian prosesor, dan AMD atau NVIDIA di bagian kartu grafis. Namun, yang kerap bikin bingung adalah variasi dan askesorinya yang amat beragam. Di luar itu, tentu juga ada faktor after-sales, khususnya keberadaan service center.

Selama pandemi Covid-19, kami secara rutin menghadirkan review laptop gaming kelas pemula dan menengah untuk Sahabat Tek. Kami sadar, di masa sekarang ini, kita membutuhkan hiburan yang berbeda dari biasanya. Kali ini, kita akan membahas Legion 5 15ARH05, laptop gaming kelas pemula yang harganya sekitar Rp15 jutaan.

Terus terang, secara pribadi, saya termasuk penggemar lini Legion. Desainnya selalu pas dengan selera saya. Meminjam istilah Fitra Eri, desain Legion, menurut saya, terkesan dewasa. Sudah barang tentu, keren atau enggaknya sebuah desain, tergantung pada selera kita masing-masing. Berikut pengalaman saya menggunakan Legion 5 selama 3 pekan.

Desain

Layar Legion 5 berukuran 15,6 inci beresolusi Full HD. Panelnya menggunakan In-plane switching (IPS) dengan kecerahan maksimal 250 nits. Perangkat yang saya uji adalah Legion 5 yang ditenagai AMD Ryzen 5 4600H berkecepatan 3.0Ghz, RAM 16GB, dan penyimpanan 512 GB. Sementara itu, kartu grafisnya adalah NVIDIA GeForce GTX 1650Ti dengan VRAM 4GB. Satu yang menarik dari Legion 5 ini adalah refresh rate-nya sudah 120Hz

Seluruh bodi Legion 5 menggunakan bahan plastik, maklum karena ini memang laptop kelas pemula yang harganya relatif terjangkau. Bobotnya sendiri 2,3Kg dan ketebalan 24mm. Walau terbuat dari plastik, finishing bodi Legion 5 seperti dibalut dengan bahan karet, sehingga terasa tak licin. Selain itu, bisa juga menyamarkan bekas telapak tangan kita