Review kamera saku Sony RX0 II, kecil-kecil cabe rawit

Oleh: Erlanmart - Minggu, 21 Jul 2019 13:25 WIB

Kamera berdimensi 59 x 40,5 x 35 mm tersebut, mengantungi sensor Exmor RS berukuran 1 inci. Mirip dengan sensor pada kamera saku premium Sony RX100 VI yang berdimensi jauh lebih besar.

Mengkreasikan konten video seperti vlog, kini semakin jamak dilakukan pengguna. Tentunya kualitas video yang baik menggunakan kamera premium. Warna-warna reproduksi kamera premium berjenis DSLR maupun mirrorless ini memang optimal untuk tayang di Youtube.

Hanya saja, mengkreasikan konten vlog tampak "ribet" dengan penggunaan kamera berdimensi besar. Perlu kamera berukuran kecil dan mengakomodasi seluruh kebutuhan vlogging. Berkaca dari skenario tersebut, Sony menghadirkan kamera khusus vlogging terbaru bernama RX0 II (atau disebut juga dengan DSC-RX0M2).

Kamera premium berdesain mini

Memang, banyak produsen kamera yang menghadirkan produk khusus vlogging, tetapi rata-rata berukuran besar sehingga bobotnya agak berat. Meskipun mereka menghadirkan yang berukuran kecil, layar LCD di kameranya bersifat tetap, sehingga agak sulit mereka-reka ketika sedang ‘berbicara sendiri’.

Dengan tujuan, ingin memanjakan konsumen, RX0 II hadir dalam ukuran minimalis tetapi menjejalkan fitur layaknya kamera premium. Salah satunya adalah layar LCD dengan engsel sehingga memungkinkannya terlipat 180 derajat ke arah atas dan 90 derajat ke arah bawah. Dengan demikian, cara tersebut memungkinkan kamu mengeksplorasi pembuatan vlog dengan lebih leluasa tanpa terhalang pandangan. Saya pernah mencoba berlari sambil melipat layar, hasilnya adalah layar tetap di posisi yang sama. Ini menandakan engselnya cukup kokoh.