Review Intel NUC Canyon Hades, si kecil cabe rawit!

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 30 Okt 2019 15:00 WIB

Komputer yang berukuran lebih kecil dari PlayStation 4 dan Xbox One dari tahun 2018 ini dapat memainkan gim AAA dengan sangat baik.

Para gamer dewasa ini berlomba-lomba membuat sebuah komputer gaming super cepat dengan menyematkan komponen kelas atas yang didinginkan oleh sistem pendinginan air. Hal ini membuat komputer tersebut menjadi sangat besar dan memakan banyak tempat.

Namun bagi Intel, besar tidak tentu akan selalu menjadi pilihan terbaik. Salah satu contohnya adalah NUC Canyon Hades, yang sebenarnya sudah diluncurkan beberapa tahun lalu. Tapi, Intel cukup membekali komputer mini ini dengan komponen kelas atas, sehingga hingga saat ini pun komputer ini masih relevan untuk memainkan gim AAA.

Secara spesifikasi, Intel menyematkan prosesor Core i7 generasi kedelapan, tepatnya i7-8809G. Prosesor ini merupakan prosesor 4 core dengan 8 threads dengan kecepatan prosesor 3.10GHz dan dapat mencapai 4.20GHz di kecepatan turbo.

GPU-nya pun sangat spesial. Mereka menggunakan GPU milik AMD, yakni Radeon Vega M GH sebagai GPU terintegrasi di komputer tersebut. Ya, perkawinan langka antara dua rival ini mungkin akan hanya terjadi sekali seumur hidup.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah pada saat membeli perangkat ini, Anda memiliki opsi untuk menambahkan penyimpanan dan RAM sendiri. Pengguna dapat menambahkan dua SSD M.2 karena Intel menyematkan dua slot M.2 yang menggunakan PCIe x4 lanes.