Review Gigabyte Z690 AORUS ELITE AX DDR4, jalankan Alder Lake tanpa DDR5

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 26 Nov 2021 15:30 WIB

Pada kesempatan kali ini tim Tek.id akan membahas salah satu motherboard dari Gigabyte, yakni Z690 AORUS ELITE AX DDR4 yang merupakan motherboard untuk Intel Alder Lake yang menggunakan RAM DDR4.

Intel baru saja memperkenalkan jajaran prosesor desktop terbaru mereka, yakni Intel Core ke-12 yang akrab dipanggil Alder Lake. Seperti diketahui, untuk menjalankan prosesor yang satu ini, kita harus menggunakan motherboard dengan chipset 600 series.

Nah, pada kesempatan kali ini, tim Tek.id kedatangan satu motherboard dari Gigabyte, yakni Z690 AORUS ELITE AX DDR4. Namun, bukan yang menggunakan RAM DDR5, namun unit yang kami dapatkan saat ini adalah yang menggunakan RAM DDR4.

Ya, seperti diketahui, Intel memang memberikan dukungan RAM DDR5 dan DDR4 untuk CPU generasi terbaru mereka. Tentu saja, hal ini membuat para pengguna yang masih enggan pindah atau menunggu kehadiran RAM DDR5 menggunakan CPU tersebut.

Lalu, fitur apa saja yang ditawarkan oleh motherboard yang satu ini? Kalau penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini!

Desain

Seperti motherboard seri AORUS lainnya, Gigabyte menggunakan kombinasi warna hitam dan silver untuk motherboard yang satu ini. Tak ketinggalan, terdapat juga beberapa RGB LED di sekitar motherboard, yang dapat dikontrol melalui software milik AORUS.