Review Canon G5 X Mark II: Foto malam? Siapa takut

Oleh: Erlanmart - Kamis, 26 Nov 2020 12:08 WIB

Meski memiliki desain yang lebih mencerminkan jati dirinya sebagai kamera saku, memotret menggunakan G5 X Mark II menggunakan hanya satu tangan dapat dilakukan dengan nyaman.

Canon PowerShot G5 X Mark II merupakan kamera poket yang hadir sebagai penerus PowerShot G5 X. Meski termasuk ke dalam jenis saku, G5 X Mark II hadir dengan kelengkapan yang dapat diandalkan seperti viewfinder elektronik (EVF), dial putar untuk mengakses menu tertentu, aperture besar f/1.8, layar sentuh, dan sebagainya.

Kamu juga dapat melakukan burst shot hingga 30 fps serta merekam hingga resolusi 4K tanpa sensor cropping. Sensor gambar yang ada pada G5 X Mark II memiliki ukuran 1 inci serta beresolusi 20 MP. Tidak ketinggalan pula prosesor Digic 8 buatan Canon. Berikut hasil ulasan yang saya lakukan.

Desain

Jika dibandingkan dengan pendahulunya, G5 X Mark II memiliki ukuran yang lebih simpel. G5 X memiliki desain yang mirip dengan kamera mirrorless seri EOS M, sementara pada G5 X Mark II, Canon mendesainnya lebih mirip dengan kamera saku. Dengan demikian, G5 X Mark II lebih nyaman dipegang bahkan dimasukkan ke dalam saku celana.

Meski memiliki desain yang lebih mencerminkan jati dirinya sebagai kamera saku, memotret menggunakan G5 X Mark II menggunakan satu tangan pun dapat dilakukan dengan nyaman. Ini karena Canon mendesain grip yang cukup besar. Sebagai informasi, kebanyakan kamera saku tidak diancang dengan grip yang berukuran besar sehingga kurang ergonomis di tangan saat memotret atau merekam video.