Laptop pakai Ryzen Mobile, sehebat apa?

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Rabu, 27 Jun 2018 17:18 WIB

Selama 10 tahun terakhir laptop yang menggunakan prosesor AMD memang dikenal tidak sebagus pesaingnya yaitu Intel, tapi degan Ryzen semuanya berubah

Selama 10 tahun terakhir, laptop yang menggunakan prosesor AMD memang dikenal tidak sebagus pesaingnya yaitu Intel. Itulah mengapa nama AMD jarang sekali terlihat di laptop. Namun belakangan ini AMD mulai serius untuk menghadirkan prosesor laptop yang bisa bersaing ketat dengan Intel. Prosesor tersebut adalah Ryzen Mobile yang generasi pertamanya memiliki kode nama "Raven Ridge".

Laptop yang menggunakan prosesor Ryzen Mobile juga sudah ada di pasar Indonesia, salah satunya adalah Acer Swift 3. Laptop tersebut diklaim bisa bersaing dengan laptop Intel yang menggunakan GPU terpisah sekelas Nvidia Geforce MX150, namun dengan daya tahan baterai yang lebih baik. Benarkah demikian?

Agak bongsor

Acer Swift 3 hadir dengan bodi yang bagi saya tergolong cukup bongsor untuk sebuah ultrabook. Ya, Acer mengatakan laptop ini bisa dikatakan sebagai ultrabook karena ketebalannya kurang dari 20mm. Sementara Swift 3 ini hadir dnegan ketebalan bodi 18mm.

Dilihat dari ketebalannya, laptop ini memang terlihat cukup tipis. Namun yang membuatnya terasa bongsor adalah lebarnya. Laptop ini hadir dengan dimensi yang cukup lebar yaitu 370mm. Hal tersebut dikarenakan layar yang diusung cukup besar yaitu 15,6 inci. Tidak heran juga jika Swift 3 menggunakan keyboard dengan layout full size.