Rekomendasi GPU 2 jutaan, murah tapi bisa main gim AAA

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 17 Jul 2019 17:25 WIB

Pada kesempatan kali ini saya mencoba GPU Rp2 jutaan untuk memainkan gim AAA. GPU apa saja yang akan saya uji kali ini?

Rekomendasi VGA 2 jutaan

Mencari sebuah GPU untuk bermain gim AAA di resolusi 1080p dengan pengaturan grafis medium-to-high sembari mendapatkan frame per second (fps) di atas 60fps bukan perkara mudah. Apa lagi, kita hanya memiliki budget Rp2 juta-an untuk membeli GPU yang kita inginkan.

Sebenarnya, di luar sana banyak toko online yang menawarkan GPU baru di angka tersebut untuk kita beli. Mulai dari RX 570 milik AMD, yang telah meluncur pada tahun lalu. Begitu juga dengan GTX 1050 Ti milik Nvidia, yang juga sudah meluncur tahun lalu. Ada juga GPU keluaran terbaru Nvidia, yakni GTX 1650. 

Pilihan lain adalah GPU AMD RX 580, yang di pasaran memiliki harga Rp2 jutaan, namun dalam keadaan bekas. Nah, bagi Anda yang bingung GPU mana yang layak untuk dibeli, tim tek.id akan melakukan perbandingan dari keempat GPU tersebut.

Penasaran bukan bagaimana performa keempat GPU ini dalam melahap gim AAA di 2019? Jika penasaran, silahkan simak artikel ini dengan saksama.

Konfigurasi Test Bed

Dalam pengujian kali ini, saya menggunakan komputer dengan spesifikasi Intel Core i5 2500K dengan kecepatan 4.0GHz dengan RAM sebesar 16GB DDR3 1600. Saya menggunakan motherboard Asus TUF Z77 sebagai rumah dari komponen tersebut.