QSAN XCube XN3002T, NAS mini ini cocok buat memulai usaha

Oleh: Nur Chandra Laksana - Senin, 08 Apr 2019 19:45 WIB

Memiliki total tiga drive bay, QSan XCUBENAS XN3002T ternyata dapat menampung kapasitas maksimal 50TB.

QSan XCUBENAS XN3002T

Berbicara mengenai Network Attached Storage (NAS) untuk kantoran, biasanya yang pertama kali terlintas adalah sebuah rak server bertumpuk. Tentunya NAS jenis ini memakan banyak tempat, terlalu teknis, belum lagi harga yang tinggi juga membuat orang takut untuk membelinya.

Tidak heran, para pemilik kantor atauusaha yang baru berdiri tidak terpikir untuk membeli NAS. Sebenarnya, ada beberapa produsen lain yang memiliki solusi NAS murah kantoran di Indonesia, seperti QNAP dan Synology. Namun, ada satu produsen lain yang menawarkan NAS mereka di Indonesia. NAS ini adalah QSAN. Nah, pada kesempatan kali ini tim Tek.id menguji salah satu produk mereka yakni, XCUBENAS XN3002T. 

Punya 3 Drive Bay Namun Tetap Ringkas

Desain QSAN XCUBENAS XN3002T bisa dibilang sangat futuristik. Perpaduan warna abu-abu dan hitam menjadi unik dalam balutan desain manis. NAS ini terlihat mengusing desain industrial yang kental.

NAS ini memiliki total 3 drive bay, dua drive di bagian depan dan dapat menampung HDD 3,5 inci. Sedangkan satu lagi terdapat di bagian kiri depan, yang mengharuskan pengguna membuka cover bagian kiri.