Proyektor portabel dengan suara andal

Oleh: Erlanmart - Senin, 29 Okt 2018 19:45 WIB

Salah satu hal yang paling saya suka dari proyektor Viewsonic M1 adalah pelindung lensa yang juga dapat dijadikan sebagai kaki penyangga, atau Viewsonic menyebutnya sebagai Smart Stand.

Sekitar satu bulan lalu, Viewsonic mengenalkan proyektor terbaru mereka ke pasar Indonesia. Tetapi berbeda dengan proyektor yang biasanya mereka luncurkan, Viewsonic malah menghadirkan proyektor portabel bernama M1. Salah satu keunggulan proyektor M1 adalah menggunakan speaker Harman/Kardon. Kebetulan saya telah memiliki kesempatan untuk mengulas proyektor Viewsonic M1 ini.

Desain

Untuk ukuran proyektor portabel, kemasan Viewsonic M1 termasuk berukuran besar. Tetapi siapa yang terlalu peduli dengan ukuran kemasan? Toh yang akan digunakan adalah proyektor itu sendiri. Di dalam kemasan tersebut, Viewsonic menyertakan adaptor daya, soft case, remote control, kabel USB-C, buku manual, dan tentu saja proyektor M1.

Mengingat ini adalah proyektor jinjing, soft case yang hadir bersama paket penjualan berfungsi untuk mengamankan proyektor dari lecet ketika dibawa di dalam tas. Proyektor M1 sendiri memiliki ukuran sekitar dua telapak tangan, tidak terlalu ringkas dibandingkan dengan LG MiniBeam atau Asus ZenBeam. Meski demikian, M1 tetap dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam tas ransel maupun sling bag.

Rancang bangun M1 berbentuk sederhana. Hampir di seluruh sisi proyektor dipenuhi oleh ventilasi udara. Adanya ventilasi udara sangat penting bagi proyektor, terutama yang berjenis portabel. Hal ini disebabkan proyektor menghasilkan hawa panas dari sistem cahaya yang dihasilkan. Pada bagian atas proyektor, Viewsonic juga mendesainnya dengan tekstur berlubang. Tetapi lubang-lubang pada atas proyektor tidak sebesar ventilasi udara. Kemungkinan desain berlubang tersebut adalah untuk tempat keluar suara. Speaker-nya sendiri ada di sebelah atas kanan.