D-Link 8100LH, lensa pengawas bersudut lebar

Oleh: Erlanmart - Senin, 22 Okt 2018 21:07 WIB

IP camera atau kamera IP D-Link 8100LH memiliki sudut pandang lebar hingga 180 derajat. Ini adalah salah satu fitur utama yang dimilikinya. Simak terus untuk mencari tahu.

DCS-8100LH merupakan kamera IP terbaru dari D-Link yang dapat digunakan untuk memantau ruang tamu atau ruangan lainnya di dalam rumah. Spesifikasi yang ditawarkan adalah resolusi HD 720p, lensa bersudut pandang lebar 180 derajat, night vision untuk pemantauan malam hari, dan lain-lain. Berikut adalah pengalaman saya ketika menguji kamera IP tersebut.

Desain

Pertama kali mengeluarkannya dari dalam kemasan, saya mengira 8100LH hanyalah sebuah lensa tanpa kaki penyangga. Ini membuat saya harus memasangkan kaki sendiri, yang sudah tersedia di dalam kemasan. Ternyata perkiraan saya keliru. Kamera IP ini hadir dengan desain lipat yang menyediakan sudut hingga lebih dari 90 derajat.

Engsel yang digunakan antara kaki penyangga dan unit kamera terbilang kokoh. 8100LH tidak goyang ketika saya menggeser-gesernya. Memang, penggunaan kamera IP secara umum tidak untuk digeser-geser. Penerapan engsel yang kokoh memudahkan Anda ketika ingin meletakkan kamera di atas lemari atau properti lain. Tentunya Anda telah mengatur sudut kemiringan yang diinginkan terlebih dahulu. Jika engsel tidak kokoh, kemungkinan sudut kemiringan tersenggol saat pemasangan atau faktor lainnya.

Meski engsel kokoh, saya merasa saat mengatur kemiringan sudutnya tidak keras. Dasar kaki peyangga berbentuk lingkaran untuk menyesuaikan lensa ketika dilipat. Anda dapat memutar kaki penyangga untuk tampilan pengawasan secara optimal.