Optoma HD39Darbee, proyeksi warnanya bagus tapi ada kurangnya

Oleh: Erlanmart - Senin, 29 Jul 2019 20:05 WIB

Pada model proyektor ini terselip kata Darbee, yang merupakan sebuah nama fitur teknologi ‘Visual Presence’ agar menjanjikan hasil warna proyeksi lebih alami.

Sebuah pabrikan asal Taiwan, Optoma, baru saja menghadirkan proyektor HD39Darbee dengan basis teknologi Digital Light Processing (DLP). Berbeda dengan proyektor yang menggunakan teknologi LCD atau 3LCD, DLP mengandalkan kaca berukuran sangat kecil yang tersusun di atas chipset semikonduktor. Kumpulan kaca yang bergerak cepat memisahkan warna primer agar menjadi gambar proyeksi yang disebut dengan Digital Micromirror Device (DMD).

Proyektor Optoma HD39Darbee yang akan saya ulas saat ini memiliki resolusi Full HD (1920x1080 piksel). Pada model proyektor ini terselip kata Darbee, yang merupakan sebuah nama fitur teknologi ‘Visual Presence’ agar menjanjikan hasil warna proyeksi lebih alami. Berikut hasil ulasan yang saya lakukan.

Desain

Bentuk Optoma HD39Darbee tidak jauh berbeda dengan proyektor Full HD di kelasnya dengan dimensi 12,36 x 4,48 x 8,81 inci. Tetapi hal yang agak mengganjal di hati saya adalah penempatan aneka port antarmuka. Pasalnya, Optoma menempatkan port-port seperti HDMI 1.4a, MHL, mini USB, USB Power, daya, semuanya berkumpul di sisi kanan proyektor ketimbang di belakang. Lokasi ini agak kurang optimal, contoh, ketika saya menghubungkan HDMI dari Blu-ray player, maka player tersebut harus terletak di sebelah kanan HD39Darbee agar tidak ada juntaian kabel menganggu. Belum lagi saya juga harus menghubungkan kabel daya proyektor itu sendiri.

Terlepas dari penempatan lokasi jejeran port antarmuka yang agak kurang lazim, HD39Darbee terbilang memiliki port lengkap yang terhubung ke perangkat saat ini. Tidak ketinggalan pula port Mobile High-Definition Link (MHL) sehingga kamu dapat memproyeksikan konten yang berasal dari perangkat pintar seperti ponsel atau tablet.