Review Synology DS218+, NAS rumahan cocok untuk pemula

Oleh: Nur Chandra Laksana - Jumat, 16 Nov 2018 21:27 WIB

Dihargai Rp5 juta-an, Synology DS218+ memiliki desain yang tak terlalu industrial dan memiliki antarmuka yang sangat mudah digunakan.

Synology DS218+ (tek.id/chandra)

Melakukan backup data pribadi seperti foto dan video saat ini sudah menjadi salah satu prioritas kaum milenial. Sayang, hingga saat ini mereka masih takut untuk membeli NAS karena beberapa faktor, yakni tampangnya yang terlalu menakutkan sehingga pengguna cenderung takut untuk membelinya.

Nah, kali ini, Tek.id memiliki kesempatan untuk mengulas salah satu NAS rumahan milik Synology yang bernama DS218+. Memiliki desain yang cukup elegan dan ringkas, namun bagaimana dengan performa dan kemudahan penggunaannya? Jika penasaran, yuk kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mungil, tak terlihat terlalu mengerikan

Pertama kali saya membukanya dari boks, kesan pertama saya melihat DS218+ ini cukup elegan. Tidak terlalu menakutkan seperti NAS rumahan lain yang sebelumnya telah masuk pasar Indonesia. Maksud dari kata menakutkan di sini adalah, karena biasanya NAS memiliki bentuk yang berkesan industrial.

Selain itu, saya juga terkejut dengan ukurannya yang tak terlalu besar. Hal ini wajar, karena NAS ini memang hanya menyediakan 2 bay saja. Untuk pengguna rumahan, rasanya dua bay sudah lebih dari cukup.

Di bagian depan, saya melihat ada empat indikator. Lampu ini masing-masing adalah lampu indikator di paling atas, kemudian indikator sambungan LAN, dan dua paling bawah adalah lampu status dari HDD atau SSD yang ada di dalam NAS ini.