Mencoba jadi kaum kekinian lewat Tik Tok

Oleh: Lely Maulida - Sabtu, 16 Jun 2018 09:00 WIB

Setelah Musical.ly, aplikasi Tik Tok kini digandrungi oleh banyak pengguna di Indonesia mulai dari anak muda hingga orang tua.

(Foto: SpaceO)

Setelah Musical.ly, aplikasi Tik Tok kini digandrungi oleh banyak pengguna di Indonesia. Tak hanya generasi milenial maupun generasi Z, orang tua dan anak-anak pun bahkan menggunakan aplikasi video tersebut untuk membuat konten yang menarik serta menghibur.

Aplikasi video singkat itu tercatat memulai debutnya di Indonesia pada akhir 2017 lalu. Namun menghiburnya aplikasi tersebut membuat Tik Tok diunduh hingga lebih dari 50 juta kali di Play Store. 

Selain populer di platform-nya, video-video Tik Tok juga menggema di Instagram hingga YouTube. Kreativitas berbagai penggunanya memang membuat video dari aplikasi ini mampu menghibur dan mengundang tawa. Lantas apa saja fitur Tik Tok hingga digandrungi banyak pengguna di Indonesia? Berikut kami rangkum ulasannya. 

Tampilan mirip Instagram, fiturnya memanjakan

Ketika saya menjajal aplikasi ini kemudian membukanya, sederet tayangan video pengguna langsung tampil tanpa ada permintaan registrasi sebelumnya. Anda bahkan bisa terus melakukan scolling  video di feed Tik Tok saat itu juga. Hal ini dikarenakan, feed yang ditampilkan di Tik Tok seperti tab Search & Explore yang ada di Instagram.

Dari sisi tampilan Tik Tok sangat mirip dengan Instagram dimana ikon Home berada paling depan, kemudian diikuti ikon Search & Explore, ikon untuk mengunggah konten, notifikasi serta profil. Namun tak ada ikon kamera untuk menambahkan stories sebagaimana di Instagram.