Masih kah relevan gunakan Intel Optane di 2020?

Oleh: Nur Chandra Laksana - Rabu, 22 Jan 2020 10:30 WIB

Jika kalian memiliki HDD lebih dari 2 TB dan enggan untuk beralih ke SSD dengan kapasitas yang sama karena harganya yang mahal, maka Intel Optane bisa jadi pilihan kalian.

Harga SSD saat ini bisa dibilang sudah berada di titik terendah semenjak pertama kali diperkenalkan. Namun, hal ini tidak berarti para pengguna lebih memilih membeli SSD jika dibandingkan dengan HDD.

Jika pengguna membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar, maka pengguna bisa memilih HDD berukuran 2TB. Kalaupun pengguna ingin menggunakan SSD, mereka hanya dapat memiliki kapasitas 1TB, dengan harga yang sedikit lebih mahal. Lantas, apakah kita bisa mendapatkan performa yang hampir setara antara SSD dengan HDD? Mungkin jawabannya tidak.

Sebenarnya, ada satu solusi yang bisa digunakan oleh pengguna HDD, jika mereka ingin mengupgrade kecepatan komputer mereka. Caranya dengan menggunakan Intel Optane. Namun, apakah penggunaan teknologi ini masih relevan di 2020?

Kebetulan, saya memiliki teman yang masih menggunakan HDD di komputernya. Dia menggunakan HDD Seagate 2TB untuk pekerjaannya sehari-hari. Dia lebih memilih kapasitas besar untuk menyimpan semua file pekerjaannya.

Saat melakukan booting, HDD yang telah terisi sekitar 80 persen ini bisa dibilang cukup lambat. Sampai dia bisa menggunakannya, waktu yang dibutuhkan sekitar hampir 3 menit. Selain itu, dia juga membutuhkan waktu hingga 1 atau 2 menit saat membuka aplikasi seperti MS Word, Photoshop, After Effect, dan bahkan Google Chrome.

Tag