Laptop pilihan baru di harga Rp6 jutaan

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Jumat, 25 Mei 2018 16:05 WIB

Laptop murah meriah ini bisa dijadikan sebagai teman bekerja, belajar, sekaligus bermain berkat dukungan hardware yang cukup mumpuni di kelas menengah

Memilih laptop dengan harga terjangkau seeperti di kisaran Rp5-6 jutaan memang gampang-gampang susah. Selain karena banyak sekali varian yang tersedia di pasar, laptop dengan kisaran harga tersebut seringkali tampil dengan spesifikasi yang "menipu". 

Misalnya, laptop tersebut tampil dengan prosesor yang tinggi seperti Intel Core i5 tapi hanya tampil dengan RAM terbatas yang tidak bisa di-upgrade. Ada juga laptop yang tampil dengan bentuk bongsor serta punya bobot yang terlalu berat, padahal rentang harga Rp5-6 jutaan merupakan "sweet spot" bagi para karyawan, mahasiswa, dan pelajar yang lebih membutuhkan laptop dengan bodi ringkas.

Kali ini kami kedatangan Asus A407UB yang merupakan laptop kelas menengah dengan banderol harga Rp6,5 juta. Salah satu nilai jual yang paling menarik di laptop ini adalah adanya pemindai sidik jari yang bisa digunakan untuk membuka komputer yang sedang dikunci melalui fitur Windows Helo. Tapi apakah hanya itu saja keunggulannya?

Ringkas, ringan

Saya cukup kaget ketika memegang A407UB untuk pertama kalinya. Bobotnya ternyata cukup ringan untuk laptop berlayar 14 inci. Tidak hanya itu, bodinya juga tergolong ringkas dan bisa masuk dengan mudah di kompartemen laptop sekunder di tas saya. Itu artinya, A407UB bisa menjadi laptop kedua yang bisa saya bawa selain laptop utama yang punya layar berukuran besar.

Salah satu alasan kenapa laptop ini punya ukuran yang lebih ringkas dari laptop 14 inci lainnya adalah karena bezel layarnya ternyata cukup tipis. Ini membuat keseluruhan bodinya bisa hadir lebih ringkas. Tapi, seluruh bodinya terbuat dari plastik.

Tag