Laptop gaming pakai AMD? Cek ROG STRIX GL702ZC

Oleh: Riandanu Madi Utomo - Selasa, 27 Mar 2018 15:02 WIB

ASUS ROG STRIX GL702ZC beda dengan yang lain karena menggunakan prosesor AMD Ryzen

ASUS ROG STRIX GL702ZC

Jika melirik ke belakang, AMD memang hampir tidak pernah menyentuh pasar laptop gaming. Saya masih ingat betul ketika tahun 2007, ASUS merilis laptop ROG G1 dan G2. Keduanya merupakan laptop gaming pertama di dunia yang hadir dengan pilihan GPU Nvidia atau Radeon. Namun keduanya masih menggunakan prosesor yang sama, yaitu dari Intel.

AMD memang bermain di pasar laptop dan sudah memiliki berbagai jajaran produk. Namun belum ada satu pun laptop dari brand gaming seperti ASUS ROG dan lain-lain yang menggunakan prosesor AMD. Mungkin prosesor AMD terdahulu memang kurang cocok dihadirkan dalam form-factor sebuah laptop. Akan tetapi, munculnya prosesor Ryzen di tahun 2017 mengubah segalanya.

Itulah yang ASUS dan AMD hadirkan di ROG STRIX GL702ZC. Ia merupakan laptop gaming ROG pertama yang menggunakan prosesor AMD. 

Saya masih ingat betul ketika ASUS ROG Strategic Division Director, Derek Yu naik ke atas panggung di konferensi pers AMD saat Computex 2017. Saat itu Yu memperkenalkan GL702ZC untuk pertama kalinya ke publik. Ia bahkan mengatakan ROG sebenarnya dibangun dengan fondasi platform AMD, karena produk pertamanya merupakan sebuah motherboard AMD.