Hari gini masih zaman pakai tablet?

Oleh: Dommara Hadi S - Kamis, 27 Jun 2019 18:03 WIB

Meski beberapa vendor memilih untuk meninggalkan industri tablet, Samsung justru bertahan dan terus mengenalkan seri baru.

Komputer tablet atau sering disebut tablet saja, adalah perangkat portabel yang sudah dibekali sistem operasi, panel sentuh, baterai internal, terkadang dilengkapi dengan stylus dan berwujud ringkas. Bisa dikatakan, tablet adalah perwujudan smartphone dalam bentang layar yang lebih luas.

Perangkat tablet modern mulai ramai dipasarkan pada kisaran tahun 2000-an. Dimulai dengan Microsoft yang mengenalkan tablet PC dengan sistem operasi Windows XP, kemudian diikuti tablet Android, lalu Apple dengan iPad-nya.

Seiring berjalannya waktu, tablet muncul sebagai perangkat yang mengisi celah pasar antara laptop dengan smartphone. Hal ini dikarenakan tablet memiliki ukuran layar yang lebih besar sehingga menawarkan pengalaman layaknya menggunakan laptop namun dalam bentuk yang jauh lebih ringkas. Bahkan pada tahun 2011 bisa dikatakan sebagai era keemasan tablet.

Berselang delapan tahun, kedigdayaan tablet tampak mulai meredup. Hal ini dilihat dari menurunnya jumlah pertumbuhan tablet dari tahun ke tahun. Menurut data dari IDC, hanya tabelt Huawei lah yang masih mengalami pertumbuhan di kuartal ketiga tahun 2018 dengan perolehan pertumbuhan sebesar 7 persen. Sementara tablet Lenovo, Samsung, Apple, Amazon terus merosot.