Kenapa Youtube Music, ancaman buat Spotify dan Joox

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 06 Nov 2019 17:04 WIB

Hadirnya Youtube Music juga sekaligus menambah kompetitor Spotify di Indonesia, meski Youtube sendiri tak menyebutnya sebagai kompetitor.

(Foto: Tek.id)

Youtube Music resmi hadir di Indonesia. Layanan ini secara resmi diboyong oleh Google untuk mengakomodir kreator dan musisi di Tanah Air. Hadirnya Youtube Music juga sekaligus menjadi kompetitor alamo Spotify dan Joox di Indonesia, meski Youtube sendiri tak menyebutnya sebagai kompetitor.

Youtube memasukkan langsung semua pustaka musiknya ke platform. Hal ini menjadikan saya lebih memilih Youtube ketimbang aplikasi streaming musik yang sebelumnya tersedia. Banyak lagu yang tak tersedia di aplikasi Spotify atau Joox misalnya, namun bisa saya temukan di Youtube dengan mudah.

Oleh karenanya, kehadiran Youtube Music di Indonesia saya sambut dengan terbuka. Jika Sahabat Tek memiliki pandangan yang sama, simak ulasan pengalaman saya tentang Youtube Music berikut ini.

Tampilan mirip Spotify

Soal tampilannya, saya kira tampilan Youtube Music tak ubahnya Spotify. Background-nya didominasi warna hitam sehingga kontennya terlihat lebih dominan. Seperti Spotify dan Joox, Youtube Music juga memberikan rekomendasi musik yang disesuaikan minat pengguna.