Survei: Perilaku netizen Indonesia semakin baik

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Senin, 19 Feb 2018 16:11 WIB

Survei Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII) tunjukkan perilaku pengguna internet Indonesia yang mulai berubah

Ada yang menarik dari rilis survei Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia (APJII), Senin (19/2) ini. Selain peningkatan jumlah, perilaku pengguna internet di Indonesia ternyata juga berubah. Ketua Umum APJII, Jamalul izza, mengatakan pengguna internet Indonesia sudah mulai banyak mencari informasi kesehatan.

"Yang masih agak kurang, kita itu konsultasi kesehatan secara online. Kita juga akan mencoba untuk ngobrol dengan Departemen Kesehatan agar meningkatkan layanan konsultasi secara online," ujarnya.

51,06 persen pengguna internet Indonesia mencari informasi kesehatan di Internet. Sayangnya, hanya 14,05 persen saja yang mencoba berkonsultasi online dengan ahli kesehatan.

Sementara itu, secara umum karakteristik pengguna Internet di Indonesia masih suka sekali beraktivitas di media sosial. Data APJII menunjukkan media sosial merupakan layanan yang paling sering diakses setelah chatting. Bahkan di kategori pemanfaatan internet untuk gaya hidup, beraktivitas di media sosial menjadi yang tertinggi jika dibandingkan dengan aktivitas hiburan lainnya.