Snapdragon 855 dan 5G

Oleh: Danang Arradian - Rabu, 02 Jan 2019 21:01 WIB

Chipset Qualcomm Snapdragon 855 akan jadi tonggak penting dunia untuk memasuki era 5G. Apa saja yang istimewa?

Kehadiran Chipset Snapdragon 855 besutan Qualcomm akan jadi tonggak penting terhadap industri telekomunikasi maupun smartphone tahun depan yang mulai mengutilisasi jaringan 5G. Apa saja kelebihannya?

Snapdragon 855 dikenalkan di ajang Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2018 yang digelar di Maui, Hawaii, belum lama ini. Selain jadi otak dari mayoritas smartphone premium pada 2019 mendatang, chip Snapdragon 855 menjadi fondasi terhadap utilisasi jaringan 5G yang tidak hanya cepat, juga punya latensi rendah. Melalui chip Snapdragon 855 inilah berbagai kemajuan, inovasi, serta solusi dari teknologi mobile di masa depan akan dirakit.

Raja pasar chipset

Mungkin tidak semua konsumen kenal dengan Qualcomm. Tapi, mereka tentu hapal kata Snapdragon. Sebab, Snapdragon menjadi salah satu pertimbangan sebagian besar konsumen di Indonesia dalam memilih ponsel. Inilah chip smartphone yang dianggap paling cepat, paling tangguh. Snapdragon seri 800 dianggap yang terbaik untuk mentenagai ponsel flagship/premium. Sementara seri 600 jadi favorit ponsel kelas menengah.

Di dunia, Qualcomm lewat chip Snapdragon mereka disebut rajanya chipset smartphone. Lembaga riset Strategy Analytics mencatat, 42 persen smartphone dunia menggunakan Snapdragon, diikuti Apple 22 persen dan MediaTek 15 persen. Sisanya, 21 persen, adalah gabungan dari merek lain seperti HiSilicon (Huawei) hingga Samsung LSI.