Fakta, warganet paling enggak minat sama Moto G5S Plus

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Rabu, 04 Okt 2017 16:57 WIB

Tapi ini belum apa-apa. Persaingan baru saja dimulai.

Sejak September sampai Oktober 2017, empat produsen ponsel bersaing ketat di pasar midlle-low Indonesia. Mereka adalah ASUS, Xiaomi, Vivo, dan Moto. Asus terlebih dahulu merilis ZenFone 4 Max Pro pada 7 September, kemudian Motorola yang merilis Moto G5S Plus selang 12 hari kemudian. Pada 20 September, Xiaomi memeriahkan pasar dengan memperkenalkan Mi A1. Sementara Vivo hadir belakangan, 28 September, dengan Vivo V7 Plus yang peluncurannya berlangsung cetar membahana.

Perlu diketahui. Keempatnya merupakan smartphone kelas menengah menurut klasifikasi Internasional Data Corporation (IDC). IDC merujuk smartphone dengan rentang harga jual USD200 - USD400 sebagai smartphone kelas menengah.

Itu artinya, smartphone-smartphone yang ada di harga jual Rp2,6 juta - Rp5,5 juta masuk ke dalam klasifikasi ini. Tentu ZenFone 4 Max Pro, Moto G5S Plus, Xiaomi Mi A1, dan Vivo V7 Plus masuk kategori tersebut.

Hal itu menarik rasa ingin tahu kami untuk meninjau minat masyarakat terhadap keempat smartphone anyar tersebut. Menurut IDC, minat belanja masyarakat Indonesia terhadap smartphone-smartphone kelas menengah naik selama kuartal kedua 2017 ini.