Ini dia jajaran laptop Intel Project Athena

Oleh: Nur Chandra Laksana - Kamis, 03 Okt 2019 20:31 WIB

Percaya atau tidak, saat ini ternyata sudah ada setidaknya 13 laptop yang sudah mendapatkan sertifikasi Project Athena milik Intel.

Para penggemar teknologi saat ini sedang menantikan kehadiran laptop yang tergabung dalam Project Athena yang dilakukan oleh Intel. Belakangan diketahui, beberapa laptop akan segera diluncurkan dalam waktu dekat ini.

Namun, sebelum saya membongkar vendor mana saja dan laptop apa saja yang sudah mereka persiapkan, perkenankan saya menjelaskan sedikit mengenai Project Athena. Intel pertama kali menggalakan hal tersebut pada acara Consumer Electronic Show (CES) 2019, yang diadakan awal tahun lalu.

Sebenarnya, proyek ini seperti perpanjangan tangan dari Project Ultrabook yang diluncurkan Intel 2012 silam. Hal ini akan membuat pengalaman pengguna di ranah laptop akan kembali menyenangkan.

Tapi, untuk masuk ke dalam ‘keanggotaan’ Project Athena, ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh para vendor. Hal tersebut mencakup 3 acuan penting : focus, always ready, dan adaptive. 

Turunan dari acuan tersebut terbagi lagi menjadi 6 kategori, yakni instant action, performance and responsiveness, intelligence, battery life, connectivity, dan form factor.