Huawei di Indonesia: banyak gaya di segmen atas, loyo di menengah-bawah

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Kamis, 28 Mar 2019 18:40 WIB

Baru meluncur sehari yang lalu dan digadang-gadang menantang Samsung Galaxy S10, namun minat warganet terhadap Huawei P30 Pro terbilang rendah.

Huawei P30 Pro baru saja rilis di Perancis, Selasa (26/3). Ponsel pintar ini sebenarnya padat fitur, terutama di bagian kamera utamanya. Hanya saja, gaungnya belum terasa sampai ke Indonesia. Minat warganet terhadap P30 Pro tergolong rendah jika dibandingkan dengan pesaingnya, seperti Samsung Galaxy S10 yang meluncur pada 8 Maret dan Xiaomi Mi 9 pada 20 Februari.

Hal ini setidaknya tergambar dari data Google Trends dalam sebulan terakhir. Ketertarikan warganet terhadap Xiaomi Mi 9 dan Samsung Galaxy S10 jauh melampaui Huawei P30 Pro. Xiaomi Mi 9 memang telah rilis di China 20 Februari, kemudian diikuti perilisan global (24/2). 

Kendati begitu, bukan berarti rilis lebih dahulu berpengaruh terhadap data Google Trends. Buktinya, Galaxy S10 juga mampu bersaing dengan Mi 9 yang lebih dahulu meluncur. Samsung Galaxy S10 unggul tipis dari Xiaomi Mi 9.

Bagaimana di Indonesia?

Warganet Indonesia masih menunjukkan minat yang tinggi terhadap Samsung Galaxy S10, demikian juga Xiaomi Mi 9. Bisa jadi, hal ini karena Huawei P30 Pro belum menyentuh pasar Indonesia. Hanya saja, Mi 9 pun hingga hari ini, belum resmi masuk pasar Indonesia. Namun kueri pencariannya sangat tinggi.