Menelaah demografi dan kekuatan ekonomi pengguna internet Indonesia

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Senin, 19 Feb 2018 16:29 WIB

Hasil survei APJII jadi landasan untuk melihat sebaran demografi dan kekuatan ekonomi pengguna internet di Indonesia

Hari ini (19/2), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mempublikasikan hasil survei Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Dalam survei tersebut, kita bisa melihat sebaran demografi dan kekuatan ekonomi dari pengguna internet di Indonesia.

Dalam survei tersebut, APJII membagi Indonesia dalam enam wilayah besar yakni Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua. Setiap wilayah dibagi menjadi tiga kategori kota/kabupaten yakni, ketegori Urban, Rural-Urban, dan Rural.

Kategori wilayah Urban adalah wilayah administratif yang sebagian besar Pendapatan Domestik Bruto (PDB) berasal dari sektor non pertanian. Rural-Urban termasuk wilayah yang PDB-nya seimbang antara sektor pertanian dan non pertanian. Sementara Rural adalah wilayah dengan PDB terbesar berasal dari sektor pertanian. APJII sendiri memiliki 2500 responden untuk survei ini.

Berdasarkan wilayahnya, pengguna internet di Indonesia masih didominasi di Jawa (58,08 persen). Akan tetapi penetrasi internet di Kalimantan menjadi yang tertinggi di antara enam wilayah lainnya. Ini artinya, tingkat adopsi internet di wilayah Kalimantan sedang menggeliat pesat. Meski begitu, trafik pengguna di Kalimantan masih sekitar 7,97 persen dan cukup tertinggal jauh dibandingkan Jawa serta Sumatera.