Tips memotret dengan smartphone

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 22 Apr 2020 09:52 WIB

Fotografi smartphone kini semakin populer dan digandrungi oleh orang-orang khususnya milenial. Berikut tips untuk memanfaatkan fitur kamera pada smartphone Anda.

Source: Guiding Tech

Mobile fotografi kini semakin populer dan digandrungi oleh orang-orang khususnya pengguna milenial. Selain karena ringan dan mudah dibawa ke mana saja, spesifikasi kamera pada smartphone belakangan ini hampir menyerupai kamera profesional. Namun, kita tidak bisa hanya mengandalkan fitur, kita juga harus paham dasar yang dibutuhkan agar pengambilan foto melalui smartphone untuk menghasilkan gambar yang bagus. Nah, untuk mewujudkannya, ikuti tips dan trik di bawah ini.

Pelajari mode potrait yang ada di ponsel

Jika Anda memiliki smartphone keluaran terbaru, kemungkinan besar memiliki mode potrait pada menu kameranya. Mode potrait biasanya menggunakan lensa standar atau telefoto untuk menciptakan efek kedalaman. Mode ini dibuat untuk membantu pengguna menangkap gambar yang lebih menunjukkan detail. Pada kasus perangkat lunak, kerap kali kamera tidak bisa memisahkan subjek dengan latar belakang dan detail tidak tampak terlihat jelas. Meskipun tidak sehebat mode potrait pada kamera DSLR, setidaknya mode ini dapat memberi peningkatan pada hasil foto Anda.

Coba mode ini terlebih dahulu untuk mengetahui apakah hasilnya seperti yang Anda inginkan. Namun, prioritaskan gunakan mode ini dalam kondisi pencahayaan yang baik. Kalau tidak, mungkin akan banyak noise di gambar. Untuk diketahui, noise merupakan bercak atau butiran, atau bahkan berkas warna ketika dilihat secara close-up. Noise ini biasanya terlihat di area gelap dalam foto.