Menurut ilmu pengetahuan, planet gurun di film 'Dune 2' terbukti masuk akal keberadaannya

Oleh: Lysti Rahma - Jumat, 08 Mar 2024 18:51 WIB

Seorang ahli iklim di University of Bristol menyatakan bahwa Gurun Arrakis di Dune mungkin benar-benar ada.

Novel fiksi ilmiah karya Frank Herbert, Dune 2, diakui karena kemampuannya membangun dunia yang kompleks. Herbert selaku sang sutradara tidak hanya menciptakan masyarakat, agama, dan sistem ekonomi yang rumit dengan sejarah yang mendalam, tetapi juga menempatkan fokus pada salah satu planet paling ikonik dalam karyanya, Gurun Arrakis, atau yang lebih dikenal sebagai Dune, dengan iklim yang berat dan cacing pasir raksasa.

 

Dilansir dari sciencenews.org (8/3), Alexander Farnsworth, seorang ahli iklim di University of Bristol, Inggris, menyatakan bahwa Herbert tidak hanya membangun dunia fantasi yang kaya, tetapi juga menciptakan planet yang mungkin benar-benar ada. Melalui simulasi iklim yang dilakukan beberapa tahun lalu, Farnsworth dan timnya menyimpulkan bahwa manusia bisa bertahan hidup di planet Gurun ini, asalkan kota-kota ditempatkan lebih dekat dengan khatulistiwa daripada ke kutub.

 

Meskipun demikian, ketika bicara tentang cacing pasir raksasa yang dapat menelan peralatan pertambangan, ahli paleontologi vertebrata Patrick Lewis dari Sam Houston State University menyatakan bahwa ini melampaui batas kemungkinan biologis.

Tag