Perbaiki kesalahan, Huawei segera rilis EMUI 9.0

Oleh: Lely Maulida - Sabtu, 08 Sep 2018 12:30 WIB

Skandal benchmark Huawei ditutup dengan komitmen mereka untuk menghadirkan akses ke Performance Mode di EMUI 9.0 nantinya

Huawei ternyata melakukan cara tersembunyi agar smartphone buatannya mampu menghasilkan skor benchmark yang tinggi. Tak tanggung-tanggung, perusahaan asal China itu mampu mengelabui publik dengan skor hingga 47 persen lebih tinggi dari skor sebenarnya.

Beberapa smartphone yang menjadi senjata Huawei dalam praktik itu ialah Huawei P20 Pro, Huawei Nova 3, dan sub brand-nya Honor Play. Sebagaimana keterangan Futuremark, pengembang aplikasi benchmark 3DMark yang diterima Tek.id, Huawei P20 Pro memiliki skor asli 1.930 poin, jauh di bawah hasil yang dirilis Huawei, yakni 2.988 poin.

Sementara itu, Nova 3 yang memiliki skor asli 1.534 poin, di bawah hasil yang dirilis Huawei, yakni 2.917 poin. Smartphone gaming Honor atau disebut Honor Play memiliki skor asli 1.847 poin. Padahal, Honor mengumumkan perangkat tersebut bisa memiliki skor hingga 2.958 poin.

Setelah hal itu terungkap, UL yang merupakan perusahaan induk Futuremark melakukan perbincangan dengan Huawei. Hasilnya, kedua perusahaan sepakat untuk bekerja sama mengembangkan tes benchmark di masa mendatang.

Dalam diskusi itu Huawei menyatakan bahwa smartphone-nya menggunakan mekanisme penjadwalan sumberdaya cerdas buatan. Karena skenario yang berbeda juga memiliki kebutuhan sumber daya yang berbeda, smartphone terbaru Huawei memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk mengoptimalkan sumber daya. Alhasil, smartphone mampu menunjukkan kemampuannya yang sepenuhnya, sembari memenuhi perintah pengguna di semua skenario.