Menjajal beberapa fitur Galaxy Note 10 dan Note 10+, Air Action salah satunya

Oleh: Erlanmart - Rabu, 21 Agst 2019 17:32 WIB

Saya juga sempat memotret menggunakan Galaxy Note 10+ dan dengan mode Live Focus. Hasilnya adalah subjek yang jelas dengan tepian rapi sehingga tidak terganggu oleh efek bokeh di bagian layarnya.

Hari ini (21/8), Samsung secara resmi mendaratkan dua Galaxy Note Series: Note 10 ‘standar’ dan Note 10+. Perbedaan dari kedua smartphone flagship tersebut salah satunya terletak pada panel layar yang digunakannya. Galaxy Note 10 memikul layar Dynamic AMOLED beresolusi 1080 x 2280 piksel, sedangkan Galaxy Note 10+ memiliki resolusi layar 1440 x 3040 piksel dengan teknologi panel yang sama. Oiya, keduanya juga dilapisi oleh Gorilla Glass 6.

Kini S Pen Note 10 dilengkapi dengan 6 sensor di dalamnya. Meski demikian, stylus tersebut tetap memiliki profil yang tipis. Sensor tersebut memungkinkan pengguna mengaktifkan fitur Air Action baru, yakni menggerak-gerakkan S Pen untuk fungsi memperbesar, swipe di kamera, masuk ke galeri foto, dan mengakses beberapa media.

Tidak lupa saya menyempatkan diri mencoba fitur Air Action pada aplikasi kamera. Saya cukup menekan tombol satu kali pada S Pen untuk mengambil gambar. Sedangkan menekannya dua kali akan beralih dari kamera belakang ke kamera depan, atau sebaliknya. Fungsi lainnya adalah saya dapat beralih dari masing-masing mode pemotretan menggunakan Air Action Saya juga dapat melakukan zoom-in atau zoom out hanya menggunakan S Pen.

Cara beralih dari masing-masing mode pemotretan adalah dengan melakukan gerakan menggeser S Pen ke kiri atau ke kanan sembari menekan dan menahan tombolnya. Putar S Pen searah jarum jam untuk melakukan zoom-in saat ingin memotret, sedangkan zoom-out dapat dilakukan dengan cara memutar S Pen berlainan arah dengan jarum jam.

Menariknya, saya tidak perlu melakukan gerakan S Pen di dekat layar. Pasalnya, Air Action juga dapat dilakukan meski S Pen berada jauh dari Note 10 Series. Tetapi sayangnya gerakan untuk melakukan zoom-in dan zoom-out tidak memiliki respon sebaik ketika saya mengakses pergantian dari mode ke mode.