Ini smartphone 5G yang akan rilis di Q1 2020

Oleh: Erlanmart - Jumat, 03 Jan 2020 18:42 WIB

Para pabrikan ponsel seperti Xiaomi, Nokia, Oppo, Motorola, dan lainnya sudah mempersiapkan ponsel berteknologi 5G untuk mengikuti perkembangan zaman yang serba terkoneksi.

Source: Pexels

Tentu saja konektivitas 5G memberikan kecepatan yang lebih gesit dibandingkan 4G. Asosiasi global operator telekomunikasi (GSM Association/GSMA) menyebutkan bahwa kecepatan maksimal 5G dapat diraih hingga 20 GBps, lalu kecepatan rata-rata di angka 100 Mbps. Sebagai pembanding, kecepatan tertinggi yang bisa dicapai jaringan 4G adalah 300 Mbps hingga 1 Gbps, dengan kecepatan rata-ratanya berada di angka 15 hingga 50 Mbps.

Dengan demikian, bisa dibilang 5G siap untuk menjadi tren berikutnya di industri ponsel. Dilansir dari Businesss Insider, para pabrikan ponsel seperti Xiaomi, Nokia, Oppo, Motorola, dan lainnya sudah mempersiapkan ponsel berteknologi 5G untuk mengikuti perkembangan zaman yang serba terkoneksi di tahun 2020. Berikut adalah pabrikan yang akan menghadirkan ponsel 5G di awal tahun ini.

Xiaomi

Perusahaan ponsel asal Tiongkok ini dikabarkan telah mempersiapkan 10 ponsel berbasis teknologi 5G untuk tahun 2020. Meski demikian, Xiaomi telah mengonfirmasi bahwa Redmi dan Mi flagship mendatang akan mendukung 5G.

Sementara Redmi K30 akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 765 5G terbaru, Mi 10 akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 865. Xiaomi pun menyebut bahwa Mi 10 akan menjadi yang pertama menggunakan prosesor flagship keluaran Qualcomm itu. Oleh karenanya, Mi 10 kemungkinkan bakal meluncur pada Januari ini di Tiongkok dan diikuti oleh peluncuran global pada Febuari.