Sennheiser luncurkan HD 490 PRO, ini harga dan spesifikasinya

Oleh: Nur Chandra Laksana - Selasa, 06 Feb 2024 14:07 WIB

Sennheiser baru saja meluncurkan HD 490 PRO, cocok untuk kalian yang ingin nyaman melakukan produksi, mixing, hingga mastering.

Bagi kalian yang sedang mencari sebuah headphone untuk studio, Sennheiser baru saja meluncurkan HD 490 PRO dan HD 490 PRO Plus. Headphone ini hadir dengan desain open-back, yang sangat cocok untuk kebutuhan produksi, mixing, hingga mastering.

“Apabila kalian membandingkan produksi musik hari ini dengan 10 hingga 20 tahun yang lalu, kalian akan melihat bagaimana peningkatan daya komputasi secara besar-besaran dan otomatisasi parameter yang kompleks telah mengubah cara pembuatan musik,” ujar Category Market Manager MI, Jimmy Landry.

“Dalam setiap genre, para engineer dan kreator musik secara terus menerus mendobrak batasan, membuat mix yang sangat kompleks yang rentan terhadap apa yang disebut ‘audio blind spots’. Hasil mix bisa jadi terasa ramai dan kotor, dengan terlalu banyaknya posisi instrumen yang sama dan frekuensi yang bersaing. Hal ini dapat mempersulit engineer dan musisi, mendengar setiap instrumen atau suara dengan jelas. Hal ini menunjukkan pentingnya sepasang headphone studio yang baik.”

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh HD 490 PRO. Yang pertama, headphone ini hadir dengan koil suara ultralight yang menawarkan reproduksi suara yang cepat dan autentik, dengan sound stage berdimensi sangat luas untuk melokalisasi komponen-komponen sebuah mix. 

Penutup telinga berjaring terbuka memperlihatkan Open-frame Architecture Sennheiser, yang meminimalkan resonansi dan distorsi. Untuk pengalaman mendengarkan yang optimal, transduser ditempatkan agak miring, sehingga dapat meniru pengaturan loudspeaker monitor pada umumnya.