RAM smartphone kini capai 24GB, berapa jumlah ideal yang sebenarnya?

Oleh: Zhafira Chlistina - Rabu, 05 Jul 2023 15:32 WIB

RAM 16GB adalah kapasitas memori tertinggi yang dapat kita temukan di sebagian besar ponsel saat ini.

Source: Unsplash/Tyler Daviaux

OPlus, perusahaan yang menaungi OPPO, realme, dan OnePlus dilaporkan akan segera memperkenalkan smartphone dengan RAM besar 24GB. Smartphone dengan RAM sebesar ini kabarnya akan dihadirkan pertama kali pada OnePlus Ace 2 Pro.

Untuk diketahui, RAM 16GB adalah kapasitas memori tertinggi yang dapat kita temukan di sebagian besar ponsel saat ini. Konon, ada beberapa produk dengan RAM 18GB, tetapi sebagian besar terbatas di China. Pertanyaannya adalah, Perlukah kita memiliki RAM 24GB?

Ponsel setidaknya membutuhkan RAM 4GB untuk memenuhi kebutuhan dasar

RAM memuat perangkat lunak sistem setiap kali Anda melakukan booting smartphone atau komputer lain. RAM juga merupakan memori tempat aplikasi dan juga game dimuat saat diluncurkan. Jadi, ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi smartphone Anda.

Saat ini, RAM minimum untuk menjalankan Android 13 adalah 2GB, dimana sebelumnya hanya 1GB. Kebanyakan smartphone entry-level juga dimulai dengan opsi RAM 3GB. Anda mungkin tidak dapat melakukan banyak tugas pada ponsel jenis ini, tetapi semua aplikasi modern akan bekerja pada perangkat tersebut tanpa gangguan.