sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Rabu, 05 Jul 2023 15:32 WIB

RAM smartphone kini capai 24GB, berapa jumlah ideal yang sebenarnya?

RAM 16GB adalah kapasitas memori tertinggi yang dapat kita temukan di sebagian besar ponsel saat ini.

RAM smartphone kini capai 24GB, berapa jumlah ideal yang sebenarnya?
Source: Unsplash/Tyler Daviaux

OPlus, perusahaan yang menaungi OPPO, realme, dan OnePlus dilaporkan akan segera memperkenalkan smartphone dengan RAM besar 24GB. Smartphone dengan RAM sebesar ini kabarnya akan dihadirkan pertama kali pada OnePlus Ace 2 Pro.

Untuk diketahui, RAM 16GB adalah kapasitas memori tertinggi yang dapat kita temukan di sebagian besar ponsel saat ini. Konon, ada beberapa produk dengan RAM 18GB, tetapi sebagian besar terbatas di China. Pertanyaannya adalah, Perlukah kita memiliki RAM 24GB?

Ponsel setidaknya membutuhkan RAM 4GB untuk memenuhi kebutuhan dasar

RAM memuat perangkat lunak sistem setiap kali Anda melakukan booting smartphone atau komputer lain. RAM juga merupakan memori tempat aplikasi dan juga game dimuat saat diluncurkan. Jadi, ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi smartphone Anda.

Saat ini, RAM minimum untuk menjalankan Android 13 adalah 2GB, dimana sebelumnya hanya 1GB. Kebanyakan smartphone entry-level juga dimulai dengan opsi RAM 3GB. Anda mungkin tidak dapat melakukan banyak tugas pada ponsel jenis ini, tetapi semua aplikasi modern akan bekerja pada perangkat tersebut tanpa gangguan.

Lantas berapa jumlah RAM yang ideal untuk smartphone? 

Sebagian besar aplikasi menghabiskan sekitar 100-200MB RAM. Beberapa game bahkan dapat memakan ruang hingga 1,5GB atau lebih. Setidaknya di tahun 2023 ini, Anda disarankan untuk membeli ponsel dengan minimal RAM 8GB.

Inilah mengapa kebanyakan smartphone populer seperti seri Samsung Galaxy S terbaru dijual dengan pilihan RAM mulai dari 8GB. Tetapi karena merek China selalu kompetitif, mereka memberikan minimal 12GB pada penawaran premium mereka.

Juga perlu dicatat, apabila Anda sering menjelajah browser dan membuka banyak tab, kami sarankan untuk membeli varian dengan jumlah RAM tertinggi yang ditawarkan.

Sebab, browser seperti Google Chrome mengonsumsi lebih banyak RAM daripada aplikasi atau game apa pun. Padahal, Google Chrome versi 64-bit membutuhkan minimal RAM 8GB.

Lebih banyak RAM tidak menjamin pengalaman ideal

Dilansir dari Gizmochina (5/7), memiliki lebih banyak RAM tidak menjamin pengalaman yang ideal. Idealnya, jika ponsel memiliki RAM berkapasitas tinggi, maka dapat menjalankan lebih banyak aplikasi di latar belakang jika dibandingan smartphone yang memiliki lebih sedikit RAM. 

Namun, hal itu tidak terjadi pada kebanyakan ponsel dengan jumlah RAM yang besar. Smartphone jenis ini biasanya dijual oleh merek China dan perangkat lunaknya memprioritaskan daya tahan baterai secara default.

Jadi, meski dengan RAM 18GB, ponsel cenderung mengeluarkan aplikasi dari RAM meskipun ada cukup memori kosong. Anda harus membatasi tindakan ini secara manual untuk setiap aplikasi di perangkat agar dapat memanfaatkan RAM maksimum yang tersedia dengan benar. Bahkan terkadang, cara ini tidak berhasil.

Oleh karena itu, meskipun ponsel menawarkan RAM 24GB, pengoptimalan perangkat lunaknyalah yang lebih penting. Menyimpan lebih banyak aplikasi dalam memori dapat menghabiskan daya, tetapi keputusan untuk menangguhkan aplikasi harus berada di tangan konsumen secara default.

Perlukah kita memiliki RAM 24GB

Tidak ada salahnya memiliki smartphone dengan RAM 24GB. Namun akan lebih baik jika kita melihat jumlah memori ini pada perangkat seperti ponsel lipat yang dapat beralih fungsi menjadi tablet. Sebab, perangkat ini dirancang untuk banyak tugas sekaligus.

Di sisi lain, smartphone gaming juga akan diuntungkan dengan memiliki RAM 24GB karena dapat menyimpan banyak game di latar belakang dan beralih di antaranya, seperti di Xbox Series X / S. Namun, beberapa judul game seluler paling populer saat ini adalah online multiplayer games, yang tidak perlu disimpan di latar belakang.

Terakhir, jika Anda memiliki RAM 24GB pada smartphone biasa, manfaat maksimal yang didapat adalah menyimpan banyak aplikasi di latar belakang. Lagi pula, Anda tidak dapat melakukan banyak tugas seefisien pada perangkat lipat. Jadi kesimpulannya, memiliki RAM 24GB pada smartphone biasa pasti berlebihan, tanpa manfaat yang berarti.

Share
×
tekid
back to top