Apakah foto bulan di Galaxy S23 Ultra itu palsu?

Oleh: Insaf Albert Tarigan - Minggu, 12 Mar 2023 22:01 WIB

Samsung Galaxy S23 Ultra yang baru dirilis di Indonesia pada bulan Maret ini rupanya tak lepas juga dari kontroversi dan konspirasi seputar fitur memotret bulan. Sebagian orang di forum diskusi reddit meyakini Samsung memalsukan foto bulan di Galaxy S23 Ultra.

(Source: Reddit)

Samsung Galaxy S23 Ultra yang baru dirilis di Indonesia pada bulan Maret ini rupanya tak lepas juga dari kontroversi dan konspirasi seputar fitur memotret bulan. Sebagian orang di forum diskusi reddit meyakini Samsung memalsukan foto bulan di Galaxy S23 Ultra. Apakah tuduhan itu benar? Sebagai informasi, tuduhan ini bukanlah hal baru karena sudah terjadi sejak seri Galaxy S21 Ultra. Huawei juga menghadapi hal yang ketika merilis P30 Pro pada tahun 2019.

Apa yang terjadi?

Diskusi mengenai topik ini kembali menghangat setelah salah seorang pengguna reddit menulis thread panjang lebar mengenai zoom space 100x di Galaxy S23 Ultra. 

"Banyak dari kita telah menyaksikan foto bulan yang menakjubkan yang diambil dengan lensa zoom terbaru, dimulai dengan S20 Ultra. Namun, saya selalu meragukan keasliannya, karena foto-foto tampak hampir terlalu sempurna. Meskipun gambar-gambar ini tidak selalu sepenuhnya palsu, foto-foto itu juga tidak sepenuhnya asli. Biarkan saya menjelaskan," kata pengguna bernama ibreakphotos tersebut.

Dia menjelaskan, dia mengunduh foto bulan dengan resolusi tinggi dari internet dan mengecilkannya menjadi 170x170 piksel. Kemudian, dia memberikan blur Gaussian, sehingga semua detail hilang. Dia menampilkan gambar di layar monitor (menunjukkannya pada 170x170 piksel, kabur), dan mematikan semua lampu. Akhirnya, dia memotret gambar bulan menggunakan zoom Samsung.