Melihat supermarket tanpa kasir ala Amazon dan Alibaba

Oleh: Lalu Ahmad Hamdani - Selasa, 05 Sep 2017 12:18 WIB

Inovasi ini membuat retail khawatir karena akan banyak sekali karyawan yang harus dirumahkan nantinya.

Persaingan bisnis memang tak akan pernah ada habisnya. Pesatnya perkembangan teknologi malah membuat persaingan semakin begitu terasa. Salah satu yang menarik kita perhatikan adalah persaingan dua raksasa e-commerce, Amazon dan Alibaba, yang berlomba menciptakan revolusi dalam hal berbelanja.

Keduanya sama-sama menciptakan supermarket berkonsep modern yang dijalankan tanpa satu karyawan pun di dalamnya. Dalam supermarket modern ini, para konsumen akan dimudahkan karena tidak perlu mengantre saat membayar. Hanya dengan menggunakan aplikasi saja, konsumen sudah dapat membayar barang belanjaannya dalam waktu yang singkat.

Amazon Go

Di awal tahun ini, Amazon telah memperkenalkan supermarket modern yang terletak di Seattle, Amerika Serikat. Meski sudah dirintis sejak empat tahun lalu, sampai sekarang, Amazon Go belum dibuka untuk umum, hanya untuk karyawan Amazon saja.

Dilengkapi dengan computer vision, sensor fusion, dan deep learning system, Amazon menyebutnya dengan istilah “Teknologi Langsung Jalan.” Teknologi ini bertugas sebagai pemantau barang apa saja yang sudah diambil sang pembeli. Bukan hanya itu, teknologi ini juga dapat mendeteksi barang apa saja yang sudah dikembalikan ke dalam rak belanja.