SpaceX akan luncurkan 60 satelit Starlink lagi

Oleh: Hieronimus Patardo - Selasa, 28 Jan 2020 11:44 WIB

Peluncuran 60 Starlink gelombang berikutnya direncanakan akan dilakukan pada Rabu, 29 Januari mendatang.

Source: SpaceX

Elon Musk berencana kembali meluncurkan 60 satelit Starlink. Ini dilakukan untuk memenuhi ambisi SpaceX untuk menyediakan koneksi internet cepat tanpa hambatan geografis di seluruh dunia. 

Untuk diketahui, peluncuran ini sebenarnya dilakukan pada Senin, 27 Januari lalu. Sayangnya kondisi angin tidak memungkinkan peluncuran tersebut. Para ahli memperkirakan kemungkinan 50-50 keberhasilan peluncuran tersebut dengan kondisi angin yang tidak bersahabat. 

Starlink rencananya akan diangkut menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX. Setelah diluncurkan, satelit ini akan mengorbit bumi pada ketinggian lebih dari 300 mil. Elon Musk sendiri menjanjikan bahwa program Starlink akan meng-cover seluruh planet dengan jaringan internet broadband, namun sejumlah kritik mengiringi  peluncuran ini. 

Saat ini SpaceX sudah mengantongi izin untuk mengorbitkan 12.000 satelit Starlink di orbit bumi. Tidak menutup kemungkinan bahwa di masa depan, perusahaan  Elon Musk ini akan mendapat izin untuk menerbangkan 42.000 satelit Starlink. 

Keberadaan satelit ini menjadi perhatian bagi para astronom. Mereka menilai Starlink dapat menghalangi upaya mereka untuk mengamati antariksa. Starlink disebut akan mendistorsi cahaya sehingga menyulitkan pengamatan dengan menggunakan teleskop.