Setahun jaringan 5G, bisa apa saja?

Oleh: Danang Arradian - Selasa, 10 Des 2019 11:14 WIB

Jaringan selular 5G adalah masa depan. Seluruh dunia meyakini itu. Tapi, bagaimana jaringan tersebut bisa mengubah kehidupan konsumen, operator, industri, stakeholder, serta banyak sektor lainnya masih belum terjawab.

Jaringan seluler 5G adalah masa depan. Seluruh dunia meyakini itu. Tapi, bagaimana jaringan tersebut bisa mengubah kehidupan konsumen, operator, industri, stakeholder, serta banyak sektor lainnya masih belum terjawab.

Pertanyaan tentang hal itu wajar. Sebab, jaringan tersebut baru diimplementasikan sejak awal tahun ini oleh sejumlah operator. Sebagian operator 5G tersebut berada di negara maju. Ternyata, dalam setahun tersebut sudah banyak sekali yang bisa dicapai. Perkembangan 5G disebut jauh lebih cepat dibanding generasi seluler sebelum-sebelumnya.

Pada Snapdragon Summit 2019 yang bertempat di Maui, Hawaii, sedikit banyak ekositem 5G mulai terbentuk, tertata, dan terlihat. Nah, apa saja yang sebenarnya sedang dan akan terjadi di 5G?

300 Operator Siap Sambut 5G

Sudah ada 325 operator di seluruh dunia yang melakukan investasi di 5G. Artinya, di masa depan jaringan 5G adalah keniscayaan. Untuk sementara, baru 40 operator yang sudah melakukan implementasi 5G, di dukung kesiapan 40 vendor OEM.