Rusia catat rekor peluncuran tercepat ke stasiun luar angkasa

Oleh: Lely Maulida - Rabu, 11 Jul 2018 18:59 WIB

Pesawat kargo Rusia yang disebut Progress 70 berhasil memasuki Stasiun Luar Angkasa (International Space Station/ISS).

(Foto: NASA)

Pesawat kargo Rusia yang disebut Progress 70 berhasil memasuki Stasiun Luar Angkasa (International Space Station/ISS). Pesawat tersebut diluncurkan ke ISS guna mengirimkan pasokan ke awak Expedition 56 dalam waktu singkat. 

Pesawat itu membawa hampir 3 ton muatan mencakup makanan, bahan bakar dan perlengkapan lainnya. Progress 70 meluncur dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan pada 9 Juli dengan roket Soyuz Rusia, pukul 5:51 siang waktu setempat. 

"Kami telah melakukan peluncuran pesawat Progress menuju jalur ekspres, menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional," kata juru bicara NASA, Rob Navias.

Progress 70 tiba di ISS pada jam 9:39 malam dan tercatat menempuh perjalanan dalam durasi 3 jam 48 menit dengan melalui dua orbit Bumi. Pencapaian ini menetapkan rekor penerbangan ke luar angkasa yang kurang dari empat jam. Sebagai pembanding, misi serupa yang dimiliki Amerika Serikat (AS) biasanya membutuhkan waktu hingga beberapa hari untuk mencapai ISS.

"Perjalanan kurang dari 4 jam menunjukkan percepatan kemampuan yang dapat digunakan pada peluncuran kargo dan kru Rusia di masa mendatang," kata pejabat NASA dalam sebuah pernyataan.