NASA minta bantuan publik 'tuk identifikasi planet baru

Oleh: Zhafira Chlistina - Selasa, 17 Jan 2023 12:51 WIB

Di luar tata surya Bima Sakti, ada banyak planet yang mengorbit dengan bintang lain, yang disebut Exoplanet dalam ekstrasurya. 

Credit: NASA/Bill Dunford

Sejak dini, kita dikenalkan dengan delapan planet dalam tata surya Bima Sakti, dari Merkurius hingga Neptunus. Namun di luar tata surya tersebut, ada banyak planet yang mengorbit dengan bintang lain, yang disebut Exoplanet dalam ekstrasurya. 

Penelitian terhadap Exoplanet telah dilakukan NASA dan organisasi antariksa lainnya, termasuk menggunakan alat baru seperti James Webb Space Telescope. Namun baru-baru ini, NASA meminta bantuan publik untuk mempelajari lebih lanjut Exoplanet yang terdeteksi dalam program Exoplanet Watch.

“Dengan Exoplanet Watch, Anda dapat mempelajari cara mengamati Exoplanet dan melakukan analisis data menggunakan perangkat lunak yang digunakan ilmuwan NASA sebenarnya,” kata Rob Zellem, pencipta Exoplanet Watch dan astrofisikawan di Jet Propulsion Laboratory NASA, dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari Digital Trends (17/1). 

Proyek Exoplanet Watch memiliki dua bagian, satu melibatkan pengamatan bagi mereka yang memiliki akses ke teleskop, dan satu melibatkan identifikasi Exoplanet dalam data yang ada. 

Meskipun tidak memiliki akses ke peralatan selain komputer atau ponsel cerdas, Anda masih dapat membantu mempelajari planet ekstrasurya dengan meminta akses ke data yang dikumpulkan oleh teleskop robot dan membantu analisis data. 

Tag